EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Idārah Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin dalam Meningkatkan Kemakmuran Masjid

Alfina, Alfina (2022) Manajemen Idārah Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin dalam Meningkatkan Kemakmuran Masjid. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)
[img] Text
LAMPIRAN & BIODATA.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Skripsi ini disusun berdasarkan pada problematika yang terjadi pada Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin menyangkut masalah tentang dinamika kepengurusan masjidnya maupun yang berkenaan dengan masalah pendanaan masjid. Jika problematika masjid ini dibiarkan begitu saja, maka hal inilah yang akan menjadi masalah bagi pengolaan Idārah pada masjid tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen idārah masjid serta faktor yang menjadi pendukung dan penghambat manajemen idārah Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin dalam meningkatkan kemakmuran masjid. Penelitian ini berlokasi di di Jl. Kuin Utara, Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, dengan subjek sekretaris umum dan beberapa pengurus masjid, dan objeknya terkait dengan manajemen idārah masjid. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang terjun langsung ke lapangan (Field research) dengan pendekatan deskriptif. Untuk memperoleh data maka penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Kemudian data tersebut diolah melalui teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua bentuk idārah pada Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin sudah cukup berjalan dengan baik berdasarkan hasil wawancara kepada informan dengan sekretaris umum Masjid Sultan Suriansyah maupun dengan beberapa pengurus masjidnya. Adapun faktor pendukung manajemen idārah Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin dalam Meningkatkan Kemakmuran Masjidnya adalah, adanya dukungan dari tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar, antusias para jemaah yang berhadir dalam kegiatan masjid serta rapat rutin bulanan pengurus masjid dalam melakukan evaluasi masjid. Kemudian faktor yang menjadi penghambat di Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin. Pertama, ketidakaktifan pengurus masjid sebelumnya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Kedua, sumber dana yang minim karena tidak adanya donatur tetap masjid dan hanya mengandalkan dari sumbangan celengan jumat masjid. Saran yang disampaikan penulis dalam skripsi ini ialah: hendaknya pemerintah agar lebih memperhatikan pada lembaga ini, untuk pihak pengelola dan pengurus masjid agar dapat menerima masukan dari luar, pengurus masjid hendaknya membentuk tim khusus pendanaan masjid agar sumber dana yang didapat mampu mencukupi keperluan masjid.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 27 Dec 2022 05:18
Last Modified: 27 Dec 2022 05:18
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21349

Actions (login required)

View Item View Item