EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembinaan Akhlak Anak di Lingkungan Keluarga di Kelurahan Telawang Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin

Iqbal, Akhmad Muamal (2022) Pembinaan Akhlak Anak di Lingkungan Keluarga di Kelurahan Telawang Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAAN TULISAN.pdf

Download (842kB)
[img] Text
Awal ( Akhmad Muamal Iqbal).pdf

Download (706kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I (Akhmad Muamal Iqbal).pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB II (Akhmad Muamal Iqbal).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text
BAB III (Akhmad Muamal Iqbal).pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB IV (Akhmad Muamal Iqbal).pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB V (Akhmad Muamal Iqbal).pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (Akhmad Muamal Iqbal).pdf

Download (402kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Akhmad Muamal Iqbal).pdf

Download (704kB)

ABSTRAK

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu masih banyak anak-anak yang mengalami krisis akhlak, misalnya masih banyak anak-anak yang berkata-kata kotor dalam pergaulan sehari-hari, selain itu juga banyak anak-anak yang kurang sopan santun terhadap orang tuanya, maupun terhadap pergaulannya di masyarakat. Hal ini tentunya memuculkan pertanyaan dikarenakan seorang orang tua merupakan madrasah pertama dalam pendidikan akhlak bagi seorang anak. Fokus masalah dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya dalam pembinaan akhlak anak di lingkungan keluarga di Kelurahan Telawang Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin dan kendala dalam pembinaan akhlak anak di lingkungan keluarga di Kelurahan Telawang Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan sifat-sifat atau karakter individu, keadaan gejala atau kelompok tertentu. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 keluarga di lingkungan RT. 14 Kelurahan Telawang Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin memiliki anak berusia 6-12 Tahun dan objeknya yaitu untuk mengetahui upaya dan kendala dalam pembinaan akhlak anak, sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian pembinaan akhlak yang telah dilakukan pada 3 keluarga di lingkungan RT. 14 Kelurahan Telawang Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin. Upaya orang tua dalam pembinaan akhlak yaitu berbagai cara seperti (1) Metode keteladanan, yaitu mencontohkan anak agar dibawa ke majelis ilmu, dan mengajarkan sopan santun dan tata krama terhadap orang tua, guru, teman, maupun orang lain. (2) Metode mauizhah atau nasehat, yaitu menasehati anaknya agar selalu rajin dalam belajar, jangan suka berbohong, dan orang tua memberikan nasehat dengan ramah terhadap anaknya ketika melakukan kesalahan. (3) Metode Pembiasaan, yaitu membiasakan anak untuk mengerjakan sholat tepat waktu, mengaji, dan membantu orang tuanya, sedangkan kendala yang dialami orang tua dalam pembinaan akhlak yaitu seperti (1) Faktor keluarga, (2) Faktor teman sebaya, (3) Faktor lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 02 Jan 2023 01:20
Last Modified: 02 Jan 2023 01:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21428

Actions (login required)

View Item View Item