EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Penjaminan Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Al-Ihsan Tanah Grogot

Repiatun, Nunuk (2022) Manajemen Penjaminan Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Al-Ihsan Tanah Grogot. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. Pernyataan Keaslian Tulisan (1).pdf

Download (295kB)
[img] Text
2. Awal Skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (524kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (339kB)
[img] Text
7. BAB IV(1).pdf

Download (508kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka(1).pdf

Download (397kB)
[img] Text
10. Lampiran Skripsi.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Pelaksanaan penjaminan mutu internal sebagai wujud peningkatan mutu yang mengarah pada peningkatan layanan dan kepuasaan pelanggan. Penjaminan mutu ini dilakukan dalam penjaminan program pembelajaran untuk dapat memenuhi atau melampaui standar mutu yang sudah ditetapkan, serta dapat mencapai visi misi, tujuan dan rencana strategi yang telah ditetapkan. Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui manajemen penjaminan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Al-Ihsan Tanah Grogot serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen penjaminan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Al-Ihsan Tanah Grogot. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh dengan melalui wawancara, dokumentasi serta observasi. Dengan menjadikan informan utama kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana dan informan tambahan. Guru, orang tua siswa, siswa dan staf tata usaha (TU). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Madrasah Aliyah Al-Ihsan Tanah Grogot telah melaksanakan manajemen penjaminan mutu pembelajaran yang dapat dilihat dari 4 siklus penjaminan mutu. Pertama, perencanaan yang mana madrasah merealisasikan visi, misi dan tujuan, dengan menyusun program tahunan, program semester, rencana kerja madrasah untuk peningkatan mutu. Kedua, pemenuhan yakni madrasah menjalankan rencana kerja madrasah dalam meningkatkan mutu, kembali dengan hasil perencanaan yang dirancang dan dilaksanakan dengan baik. Ketiga, pengendalian atau evaluasi yang mana terus menerus dilakukan dalam peningkatan mutu pendidikan dengan menjalankan proses perencanaan dan pelaksanaan dengan baik. Keempat, pengembangan (tindak lanjut), yaitu untuk meningkatkan mutu pembelajaran di madrasah mengutamakan kedispilinan terhadap semua warga madrasah. Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen penjaminan mutu pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen, kurikulum, guru, proses pembelajaran, input siswa, fasilitas siswa dan lingkungan belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 02 Jan 2023 01:36
Last Modified: 02 Jan 2023 01:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21433

Actions (login required)

View Item View Item