EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Efektivitas Metode Field Trip Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di MI Thalabul Khair Kec. Kertak Hanyar

Bainah, Bainah (2022) Efektivitas Metode Field Trip Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di MI Thalabul Khair Kec. Kertak Hanyar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN BAINAH.pdf

Download (107kB)
[img] Text
AWAL BAINAH.pdf

Download (655kB)
[img] Text
ABSTRAK BAINAH.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB I BAINAH.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB II BAINAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB III BAINAH.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV BAINAH.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB V BAINAH.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN BAINAH.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Belajar pada hakikatnya adalah aktivitas sadar yang dilakukan oleh individu agar terjadinya perubahan perilaku yang bersifat positif dan kemampuan dirinya pun ikut berkembang. Menggunakan metode merupakan salah satu cara agar mempermudahkan guru dalam menyampaikan materi bahan ajar yang akan disampaikan kepada siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Tujuan dari penelitian ini bagaimana cara untuk meningkatkan hasi belajar pada siswa serta signifikankah terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa di MI Thalabul Khair Kecamatan Kertak Hanyar. Maka dari itu peneliti menggunakan metode field trip untuk menguji keefektivitasan suatu metode dalam meningkatkan hasil belajar. Metode field trip merupakan metode yang mengajak siswa untuk belajar langsung melihat objek yang diamati serta memberikan pengalaman secara nyata. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode field trip. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif dimulai dengan pretest posttest only control design. Rancangan ini menggunakan kelompok pembanding atau kelompok kontrol. Kelompok kontrol (14 siswa) dan kelompok eksperimen (14 siswa), dipilih dan ditempatkan secara random sehingga kedua kelompok tersebut ekuivalen atau setara dalam segala hal. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan peneliti pada kelas IV di MI Thalabul Khair kec. Kertak Hanyar, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode field trip terhadap hasil belajar IPS siswa pada materi lingkungan sekitar efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pada masing-masing kelas. Pada kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan nilai rata-rata 66,42, sedangkan rata-rata di kelas ekperimen yang diberikan perlakuan 90,71. Hasil uji u nilai sig(2-tailed) 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:06
Last Modified: 04 Jan 2023 02:06
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21468

Actions (login required)

View Item View Item