EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Evaluasi Penerapan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SDN Karang Mekar 9 Banjarmasin

Hudayanti, Rizki (2022) Evaluasi Penerapan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SDN Karang Mekar 9 Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (461kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini dilakukan dari temuan dan pemikiran tentang penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI-BP di SDN Karang Mekar 9 Banjarmasin. Bagi guru kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan pendekatan saintifik seperti aspek perencanaan pembelajaran yaitu guru masih kesulitan dalam penyusunan RPP serta pemilihan metode pembelajaran dengan pendekatan ilmiah karena masih terbiasa dengan KTSP. Alokasi waktu juga menjadi kendala bagi guru untuk menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran PAI-BP dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian diambil di kelas 1 dan kelas 4 di SDN Karang Mekar 4 Banjarmasin. Data yang digali tentang penerapan pendekatan saintifik meliputi perencananaan, pelaksanaan dan penilaian pada pembelajaran PAI-BP. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran PAI-BP, peserta didik, dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penyusunan perencanaan pembelajaran PAI-BP dengan pendekatan saintifik di SDN Karang Mekar 9 Banjarmasin sebagian besar sudah banyak memenuhi standar yang ditetapkan. RPP yang disusun oleh guru sudah menjabarkan langkah kegiatan pendekatan saintifik di kegiatan inti pada RPP, akan tetapi ada bagian terkecil yang belum guru penuhi yaitu beberapa tujuan pembelajaran yang dirumuskan guru belum terukur secara spesifik dan jelas serta guru tidak melampirkan materi pembelajaran pada RPP yang disusun; (2) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan Pendekatan Saintifik di SDN Karang Mekar 9 Banjarmasin sesuai dengan standar. Guru PAI-BP melaksanakan tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Guru sudah menerapkan 5 langkah pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi menalar, dan mengkomunikasikan; (3) Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan Pendekatan Saintifik di SDN Karang Mekar 9 Banjarmasin sebagian besar sudah sesuai dengan standar. Guru secara umum sudah melaksanakan penilaian autentik. Penilaian autentik guru menilai dengan tiga ranah kompetensi, yaitu afektif (sikap), kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (keterampilan).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:14
Last Modified: 06 Jan 2023 01:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21484

Actions (login required)

View Item View Item