EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembinaan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab di Pondok Pesantren Al-Falah Putri Banjarbaru

Aflah, Liya (2022) Pembinaan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab di Pondok Pesantren Al-Falah Putri Banjarbaru. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (721kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan dan pemikiran tentang masih ada beberapa santriwati yang melakukan pelanggaran, kurangnya sikap disiplin dan bertanggung jawab para santriwati saat mengikuti pembelajaran dan dalam hal beribadah seperti pembiasaan shalat yang sering dilaksanakan berjamaah. Perlunya pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab di asrama sangat penting dan memiliki pengaruh bagi santriwati di lingkungan pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab dan hambatan-hambatan dalam pembinaan serta solusi yang diberikan oleh pihak pesanten. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian diambil di Pondok Pesantren Al-Falah Putri Banjarbaru. Data yang digali meliputi bagaimana pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab serta hambatan-hambatan dalam pembinaan dan solusi yang diberikan oleh pihak pesantren. Sumber data dalam penelitian ini yaitu ustadzah, santriwati, dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deksriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pembinaan disiplin yang dilakukan oleh ustadzah sudah sesuai dengan pembinaan karakter yaitu melalui kegiatan-kegiatan pesantren, seperti: memulai kegiatan pembelajaran, murajaah, shalat dhuha, shalat dzuhur. Pembinaan tanggung jawab yang dilakukan oleh ustadzah sudah sesuai dengan pembinaan karakter yang dilakukan yaitu melalui kegiatan-kegiatan pesantren, seperti: kebersihan, menyelesaikan tugas dan dalam hal beribadah. Namun dalam pelaksanaan pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab memiliki hambatan- hambatan belum optimalnya pembinaan sumber daya pengajar serta pengurus pondok pesantren, minimnya sarana dan prasarana, kurangnya hubungan antarsantriwati dengan para ustadzah, minimnya pengetahuan dan sikap acuh, pengaruh lingkungan dan pergaulan dengan ajakan teman, masih kurangnya pengawasan dalam disiplin dan tanggung jawab juga kurangnya pengawasan dan pembiasaan disiplin dari orangtua yang berbeda-beda latar belakang keluarganya. Ada beberapa upaya yang dilakukan seperti, mengatasi hambatan disiplin memberikan pemahaman ilmu agama dengan mempelajari hadis-hadis yang berkaitan dengan disiplin agar santriwati dapat memahami makna disiplin, meningkatkan pemahaman santriwati tentang pentingnya mematuhi peraturan pesantren dan mengatasi hambatan tanggung jawab dengan dilaksanakannya kegiatan sehari-hari sesuai dengan kegiatan yang sudah terjadwal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:06
Last Modified: 06 Jan 2023 01:06
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21486

Actions (login required)

View Item View Item