EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perbandingan Metode PAIKEM dan Metode Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V MIN 9 Banjar

As’ad, Muhammad (2022) Perbandingan Metode PAIKEM dan Metode Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V MIN 9 Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (495kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilandasi hasil observasi di MIN 9 Banjar dimana masih terdapat permasalahan dalam pembelajaran tematik yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Masih terdapat beberapa guru yang menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah dalam pembelajaran tematik, karena hal tersebut peserta didik cenderung bosan dan kurang bersemangat dalam kegiatan pembelajaran serta mempengaruhi hasil belajar tematik peserta didik. Pada pembelajaran tematik sebelumnya masih terdapat 30 atau 52,63% yang mendapatkan nilai dibawah rata-rata ideal 80 dari total seluruh kelas V yaitu 57 siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik menggunakan metode PAIKEM dan metode Ekspositori pada kelas V di MIN 9 Banjar, serta mendeskripsikan perbedaannya. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V yang dibagi menjadi dua kelas yaitu, VA dan VB yang berjumlah 57 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa test, observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu dilakukan analisis data meliputi uji validitas, realibilitas, homogenitas, uji normalitas dan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahawa hasil belajar kelas eksperimen I menggunakan metode PAIKEM pada proses pembelajaran tematik tema 2 adalah 88,25 dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar kelas eksperimen II menggunakan metode Ekspositori pada proses pembelajaran tematik tema 2 adalah 78,07 dengan kualifikasi baik. Berdasarkan tabel uji U diketahui nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Maka dapat disumpulkan Ha diterima terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan metode PAIKEM dan metode Ekspositori pada pembelajaran tematik tema 2 kelas V di MIN 9 Banjar.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Jan 2023 22:21
Last Modified: 12 Jan 2023 22:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21596

Actions (login required)

View Item View Item