EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Tingkat SLTA di Kota Marabahan Kabupaten Barito Kuala (Studi Kasus pada MAN 1 Barito Kuala, SMAN 1 Marabahan, dan SMKN 1 Marabahan)

Bainah, Bainah (2022) Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Tingkat SLTA di Kota Marabahan Kabupaten Barito Kuala (Studi Kasus pada MAN 1 Barito Kuala, SMAN 1 Marabahan, dan SMKN 1 Marabahan). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (306kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (893kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Dewasa ini persaingan sekolah semakin ketat, sekolah sebagai lembaga penyedia jasa pendidikan perlu memiliki inisiatif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan karena pendidikan merupakan proses sirkuler yang saling mempengaruhi dan berkelanjutan. Jika sekolah tidak mampu bersaing maka akan tertinggal dan tak diminati masyarakat. maka dari itu sangat diperlukan strategi pemasaran untuk memenangkan kompetisi sekolah dan untuk meningkatkan akselerasi peningkatan kualitas dan profesionalisme manajemen sekolah. Oleh karena itu, Peneliti tertarik untuk mengetahui strategi pemasaran pada MAN 1 Barito Kuala, SMAN 1 Marabahan, dan SMKN 1 Marabahan. Ketiga sekolah ini merupakan sekolah negeri yang berdekatan dan saling bersaing untuk menonjolkan karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Oleh sebab itu perlu adanya pemasaran yang efektif, peningkatan kualitas sekolah, dan pelayanan pendidikan yang memuaskan agar dapat bersaing dan semakin diminati masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui strategi sekolah dalam membentuk positioning di MAN 1 Barito Kuala, SMAN 1 Marabahan, dan SMKN 1 Marabahan, (2) Mengetahui strategi sekolah dalam membentuk diferensiasi di MAN 1 Barito Kuala, SMAN 1 Marabahan, dan SMKN 1 Marabahan, (3) Mengetahui strategi sekolah dalam membentuk brand di MAN 1 Barito Kuala, SMAN 1 Marabahan, dan SMKN 1 Marabahan. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang meliputi positioning, diferensiasi dan brand pada MAN 1 Barito Kuala adalah sekolah yang penempatannya untuk membina karater agamis, mengedepankan prestasi-prestasi di dalam bidang keagamaan, dengan brand “ Madrasah Mandiri Berprestasi”, SMAN 1 Marabahan memposisikan diri sebagai sekolah yang mengutamakan kualitas akademik agar siswa-siswanya mampu masuk perguruan tinggi manapun dengan brand “Sekolah Sang Juara”, dan SMKN 1 Marabahan memposisikan diri sebagai sekolah yang mengembangkan keahlian atau kecakapan hidup untuk siswa-siswanya agar siap kerja dengan brand “Terampil Mandiri dan Kejuruan”.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 13 Jan 2023 12:13
Last Modified: 13 Jan 2023 12:13
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21616

Actions (login required)

View Item View Item