EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas VIII MTSN 3 Kota Banjarmasin

Ahmad, Bahruddin (2023) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas VIII MTSN 3 Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (422kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
6. BAB III .pdf

Download (530kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh temuan peneliti pada observasi awal, diketahui proses pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dan terpaku penggunaan rumus sehingga pembelajaran menjadi membosankan. Pada penelitian ini peneliti akan mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa berbasis literasi numerasi pada kelas VIII MTsN 3 Kota Banjarmasin pada materi peluang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah dalam pengembangan produk LKS. Kevalidan produk LKS berdasarkan penilain para ahli. Kepraktisan LKS ditinjau dari Angket Respon siswa, dan efektivitas LKS dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu suatu proses penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan. Model pengembangan yang digunakan termasuk model prosedural Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono dan disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Tahapan dalam pengembangan penelitian ini, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain produk, uji coba produk, uji kepraktisan dan uji efektitifitas. Pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dikarenakan data berdasarkan dokumen, pribadi, hasil wawancara, angket validasi, angket respon siswa dan tes hasil belajar dll yang disajikan dalam bentuk kata-kata. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTsN 3 Kota Banjaramasin berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, tes, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan menghasilkan LKS berbasis literasi numerasi pada pembelajaran matematika kelas VIII MTsN 3 Kota Banjarmasin. Adapun langkah-langkah yang digunakan, yaitu : potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, uji kepraktisan dan uji efektifitas. Kualitas LKS matematika yang dibuat telah melewati tahap validasi oleh ahli materi dengan kriteria “Valid” dan ahli media “Sangat Valid”, kepraktisan melalui angket respon siswa dengan kriteria “Sangat Praktis” dan efektifitas LKS berdasarkan ketuntasan hasil belajar dengan kriteria “Sangat Baik” artinya “Efektif”

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:25
Last Modified: 16 Jan 2023 03:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21657

Actions (login required)

View Item View Item