EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengelolaan Tanah Wakaf Produktif (Studi Kasus di Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala)

Mawaddah, Rezki (2023) Pengelolaan Tanah Wakaf Produktif (Studi Kasus di Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala). Skripsi, Syariah.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (55kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (595kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (446kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (583kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Belum optimalnya pemanfaatan potensi wakaf di Indonesia yang jumlahnya sangatlah besar, terlebih wakaf produktif yang mestinya dapat menjadi sarana mewujudkan kesejahteraan ekonomi umat. Seperti halnya di Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala, wakaf produktif belum populer sebagaimana wakaf konvensional seperti peruntukan masjid, sekolah dan pemakaman, sehingga aset wakaf produktif sangatlah sedikit. Data yang ditemukan di lapangan hanya ada 1 (satu) aset wakaf produktif berbentuk lahan sawah yang terletak di 2 (dua) lokasi, yaitu Desa Tinggiran II dan Desa Tamban Bangun yang telah dikelola nazir selama 20 (dua puluh) tahun, namun hasilnya belum optimal hingga belum dapat membantu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat sekitarnya melalui program-program dengan tujuan sektor sosial-ekonomi.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang menjadi hambatan dan kendala pada pengelolaan tanah wakaf produktif di Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala serta faktor-faktor yang memengaruhi munculnya problematika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini ialah nazir, petani penggarap serta kepala KUA Kecamatan Tamban dan objek dalam penelitian ini adalah tanah wakaf produktif bebentuk sawah di Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala. Data didapat dan dikumpulkan dengan teknik observasi serta wawancara yang kemudian dianalisis dengan cara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwasanya dalam pengelolaan tanah wakaf produktif berbentuk lahan sawah di Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala menghadapi 3 (tiga) problematika. Pertama, fungsi manajemen dalam pengelolaan tidak diterapkan dengan baik. Kedua, kendala kendala pengairan dan hama. Ketiga, petani penggarap yang kurang amanah dalam menggarap sawah sebagai wakaf produktif tersebut. Munculnya problematika ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor pertama, nazir sebagai pengelola harta benda wakaf yang belum profesional dan memerlukan peningkatan kompetensi serta pembinaan dari BWI. Faktor kedua adalah objek wakaf terkait pada kondisi geografi dan topografi Kecamatan Tamban yang pengairannya masih tradisonal dan dikelilingi oleh sungai-sungai hingga membuat lahan persawahan sering terendam. Faktor ketiga adalah kesadaran petani penggarap terhadap harta benda wakaf karena kurangnya sosialisasi dari pihak terkait.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 20 Jan 2023 00:29
Last Modified: 10 Feb 2023 06:07
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21756

Actions (login required)

View Item View Item