EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Persepsi Jemaah Terhadap Pengajian Tafsir di Masjid Al-Jihad Banjarmasin

Nazmah, Jahrathun Nufus (2022) Persepsi Jemaah Terhadap Pengajian Tafsir di Masjid Al-Jihad Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Homaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (448kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (850kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (658kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh antusiasme masyarakat dalam mengikuti pengajian di Masjid Al-Jihad Banjarmasin. Masjid ini telah lama berdiri, adapun kegiatan di masjid ini salah satunya yaitu pengajian tafsir. Pengajian tafsir adalah suatu metode untuk menafsirkan al-Qur’an dengan menghimpun ayat-ayat, baik dari satu surat maupun beberapa surat yang berbicara tentang topik tertentu untuk kemudian mengaitkan antara satu dengan yang lainnya, kemudian mengambil kesimpulan menyeluruh kesimpulan tersebut menurut pandangan al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana pelaksanaan pengajian tafsir (2) mengetahui persepsi atau tanggapan jemaah terhadap pengajian tafsir. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fielf research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang jamaah pengajian tafsir Masjid Al-Jihad Banjarmasin. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa pengajian tafsir Masjid Al-Jihad Banjarmasin dilaksanakan setiap tiga kali dalam seminggu yaitu pada hari Rabu, Jum’at dan Minggu, setelah salat Maghrib dan salat Shubuh. Yang dipimpin oleh ustadz yang sudah dijadwalkan dan setiap harinya berbeda-beda. Secara keseluruhan jemaah merespon positif adanya pengajian tafsir ini karena dengan adanya pengajian ini, pengetahuan dan keimanan mereka bertambah. Jemaah yang tadinya fakir ilmu, kini pemahaman mereka mengenai agama sedikit demi sedikit bertambah. Manfaat lain dari pengajian ini yaitu dapat menjadikan salat mereka menjadi lebih khusuk, sedikit banyak mengetahui makna/inti surah ketika melaksanakan salat, lebih rutin melaksanakan amalan-amalan sunnah, dan terhindar dari hal-hal negatif. Adapun dari pemahaman jemaah sebagian dari mereka mampu mengamalkan dan mengaplikasikan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Artinya jamaah mampu berperilaku sesuai tuntunan Al-Qur’an dan hadis, mengerjakan segala yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi larangannya, dan mengamalkan doa-doa yang ada dalam Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 06 Feb 2023 00:43
Last Modified: 06 Feb 2023 00:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22011

Actions (login required)

View Item View Item