EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Penentuan Ujrah Antar Jemput Penumpang Banjarmasin Batulicin

Mahbubatunnisa, Mahbubatunnisa (2023) Praktik Penentuan Ujrah Antar Jemput Penumpang Banjarmasin Batulicin. Skripsi, Syariah.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (562kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (19kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (409kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mayoritas masyarakat di Kota Batulicin Kec. Simpang Empat Kab. Tanah Bumbu sebagai transportasi umum jasa antar jemput dimana praktik penentuan ujrah yaitu dengan cara membayarkan tarif upah kepada travel memberi harga kepada penumpang dengan harga yang terlalu tinggi, sangat berbeda dengan upah biasanya, sehingga membuat penumpang kaget dan merasa terpaksa karena tidak ada kesepakatan diawal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik penentuan ujrah antar jemput penumpang di Kota Batulicin Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu dan tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penentuan ujrah di KotaBatulicin. Metode penelian yang digunakan adalah hukum empiris atau dengan istilah lain disebut penelitian hukum sosiologis. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan studi kasus. Hasil penelitian yang dilakukan penulis adalah yaitu, praktik penentuan ujrah antar jemput penumpang yang diterapkan di Kota Batulicin dilaksanakan secara lisan, menyebutkan upahnya, jasa antar jemput yang terjadi biasanya adalah travel meminta secara lisan agar upah trasnportasi diketahui sebelum berangkat, tetapi ada juga yang tidak menyebutkan upahnya, Sehingga penumpang membayarkan upah setelah sampai tujuannya. Penulis menyimpulkan bahwa transaksi upah-mengupah ini bertentangan dengan hukum islam, karena penumpang dan travel ada yang tidak sepakat mengenai upah, dan praktik penentuan ujrah ini sudah menjadi kebiasan. Secara normatif, upah yang dibayarkan penumpang kepada travel adalah kewajiban. Kewajiban membayarkan upah tersebut bisa dianggap hak yang harus didapatkan travel dari penumpang. Tetapi upah yang dibayarkan membuat penumpang terpaksa akan adanya tarif tinggi, namun penulis beranggapan bahwa penumpang mengetahui tarif yang biasanya dibayarkan tetapi malah menjadi naik, sehingga menjadi kewajiban yang harusnya didapatkan penumpang malah tidak terpenuhi dengan adanya tarif tinggi sehingga penumpang yang tidak dapat membayarkan malah dipindahkan ke travel lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:34
Last Modified: 10 Feb 2023 01:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22093

Actions (login required)

View Item View Item