EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Self Disclosure terhadap Subjective Well-being pada Remaja di Panti Asuhan Nor Hidayah Banjarmasin

Rusmadi, Nurhikmah (2023) Pengaruh Self Disclosure terhadap Subjective Well-being pada Remaja di Panti Asuhan Nor Hidayah Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (377kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (554kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Masa remaja merupakan salah satu periode yang begitu penting dalam perjalanan hidup seseorang. Di masa ini terjadi banyak konflik dan perubahan, baik itu pikiran, emosi, maupun lingkungan sosial. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah pengungkapan diri. Pengungkapan diri sangatlah penting bagi remaja, terutama bagi remaja yang tinggal di panti asuhan. Karena tidak ada figur orangtua yang memberi kasih sayang dan arahan kepada mereka, maka mereka perlu berbagi dan mengungkapkan diri kepada sesama teman di panti asuhan. Hal ini untuk membangun relasi dan meningkatkan kebahagiaan bagi mereka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh self disclosure dengan subjective well-being pada remaja di Panti Asuhan Nor Hidayah Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak Panti Asuhan Nor Hidayah Banjarmasin sebanyak 39 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan pendekatan purposive sampling dengan kriterianya, yaitu remaja di panti asuhan rentang usia 12-22 tahun di Panti Asuhan Nor Hidayah yang berjumlah sebanyak 37 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert yang dianalisis melalui program komputer Statictical Packages for Social Science (SPSS) Release 25.0 for window. Hasil penelitian ini adalah: 1) Tingkat self disclosure dengan kategori tinggi adalah kategori yang paling dominan yaitu sebanyak 62,2%, kategori rendah sebanyak 37,8%, sedangkan kategori sangat tinggi dan sangat rendah tidak ada dalam penelitian ini. 2) Tingkat subjective well-being dengan kategori tinggi adalah kategori yang paling dominan yaitu sebanyak 59,5%, kategori rendah sebanyak 21,6%, kemudian kategori sangat tinggi sebanyak 18,9% sedangkan kategori sangat rendah tidak ada dalam penelitian ini. 3) Terdapat pengaruh yang positif antara self disclosure terhadap subjective well-being remaja di Panti Asuhan Nor Hidayah Banjarmasin dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, beserta sumbangan koefisien determinasi sebesar 0,369 yang menyatakan pengaruh self disclosure terhadap subjective well-being sebesar 0,369 atau 36,9%. Adapun sebesar 63,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 11 Feb 2023 11:35
Last Modified: 11 Feb 2023 11:35
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22131

Actions (login required)

View Item View Item