EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perspektif Wanita Salafi Banjarmasin Terhadap Q.S. al-Nisâ Ayat 3 Tentang Poligami

Damayanti, Rima (2023) Perspektif Wanita Salafi Banjarmasin Terhadap Q.S. al-Nisâ Ayat 3 Tentang Poligami. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PENYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text
awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (793kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Poligami merupakan isu sosial klasik yang selalu diperdebatkan di kalangan muslim seluruh belahan dunia. Bagi wanita inilah perbuatan yang tidak lazim untuk dilakukan. Wajar jika para wanita enggan memberikan izin suaminya untuk menikah lagi karena mereka dibekali Allah sifat cemburu di dalam dirinya. Tanpa terkecuali wanita yang berpegang pada pemahaman salafush shaleh, mereka sama dengan wanita-wanita lainnya yang memiliki rasa cemburu dan enggan berbagi belahan hati, akan tetapi mereka tidak bisa mengatakan bahwa mereka menolak poligami karena tidak ada alasan untuk menolak hal itu. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana perspektif wanita salafi Banjarmasin dalam menanggapi perihal poligami. (2) Apa sumber tafsir yang digunakan wanita Salafi Banjarmasin dalam merespon Q.S. Al-Nisâ ayat 3 tentang poligami.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perspektif wanita salafi tehadap Q.S. Al-Nisâ ayat 3 tentang poligami dan mengetahui sumber tafsir yang digunakan wanita salafi Banjarmasin dalam merespon Q.S. Al-Nisâ ayat 3 tentang poligami. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) berlokasikan di Banjarmasin pada umumnya dan khususnya berada pada masjid-masjid salafi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun langkah pengumpulan datanya dengan melakukan observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) Wanita salafi menerima dan membolehkan poligami tetapi haruslah dengan syarat yang sudah Allah jelaskan di dalam Al-Qur‟an yaitu harus berlaku adil dan hanya menikahi maksimal empat orang wanita tidak boleh lebih, dan laki-laki yang ingin berpoligami haruslah memiliki ilmu yang cukup dan berpoligami bukan hanya semata-mata karena nafsu, berpoligamilah karena Allah kemudian sangat membutuhkan akan hal itu. Jika belum mampu memenuhi syarat dan dikhawatirkan akan terjerumus kedalam dosa dzalim maka dianjurkan hanya menikahi satu orang wanita saja. (2) Sumber tafsir yang digunakan oleh wanita salafi Banjarmasin dalam merespon Q.S. AlNisâ ayat 3 adalah Tafsir Al-Sa‟dî, beliau menafsirkan ayat ini yaitu: laki-laki yang ingin berpoligami haruslah memilih wanita berdasarkan agamanya, haruslah mampu berbuat adil tidak berlaku dzalim dan meskipun poligami diperbolehkan tetapi jika dirasa tidak mampu dan akan terjatuh ke dalam kedzaliman maka mencukupkan dengan satu orang istri jauh lebih baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 15 Feb 2023 01:20
Last Modified: 15 Feb 2023 01:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22199

Actions (login required)

View Item View Item