EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Interaksi Hukum Hukum Islam dan Hukum Adat Terhadap Tradisi Bausung Pengantin pada Perkawinan Adat Masyarakat Banjar (Studi Kasus di Desa Barikin)

Khuluqiyah, Euis Madiihatul (2023) Interaksi Hukum Hukum Islam dan Hukum Adat Terhadap Tradisi Bausung Pengantin pada Perkawinan Adat Masyarakat Banjar (Studi Kasus di Desa Barikin). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (955kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Masyarakat Banjar adalah bagian dari masyarakat yang masih memelihara tradisi-tradisi leluhur mereka, salah satunya adalah tradisi pada acara perkawinan. Pada Desa Barikin Kec. Haruyan ditemukan adanya tradisi bausung pengantin yang selalu diadakan oleh masyarakat Banjar dalam setiap acara perkawinan. Yaitu mengangkat kedua mempelai pengantin ke atas pundak dua orang jawara silat sebagai pengusung masing-masing mempelai, keduanya diarak sambil menari mengikuti musik Banjar dari depan pintu rumah menuju pelaminan. Penelitian ini bukan hanya bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai tradisi bausung pengantin di Desa Barikin, tetapi juga mengetahui bagaimana perspektif Hukum Islam terhadapnya, dan bagaimana interaksi Hukum Islam dan Hukum Adat tentang tradisi tersebut. Jenis Penelitian ini adalah hukum empiris dengan pendekatan Sosiologi Hukum dan Antropologi Hukum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data dalam penelitian tesis ini menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi bausung pengantin selalu diadakan oleh masyarakat Banjar di Desa Barikin guna menghormati tradisi warisan leluhur, menghormati kedua mempelai pengantin dengan memposisikannya seperti raja dan ratu selama satu hari, mengundang antusiasme masyarakat untuk menghadiri acara puncak perkawinan, dan didasari keyakinan sebagian masyarakat akan tradisi bausung yang dapat menyelamatkan mereka dari berbagai malapetaka. Dalam perspektif Hukum Islam, tradisi bausung pengantin di Desa Barikin termasuk ‘urf fasid bila masih terdapat salah satu atau dua unsur berikut dalam pelaksanaannya; Pertama keyakinan bahwa jika tradisi bausung ditinggalkan maka pasti akan menimbulkan berbagai malapetaka; Kedua persentuhan tubuh antara mempelai perempuan dengan si pengusung saat prosesi bausung dilangsungkan. Tradisi bausung pengantin menjadi urf shahih apabila pelaksanaannya sudah terlepas dari salah satu atau dua unsur di atas. Adapun mengenai interaksi Hukum Islam dan Hukum Adat yang terjadi di Desa Barikin terkait dengan tradisi bausung pengantin, maka ia dapat digolongkan dalam Teori Receptio in Complexu, di mana seluruh masyarakat Desa Barikin pelaku tradisi ini beragama Islam memberlakukan penuh Hukum Islam walau dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa penyimpangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 17 Feb 2023 02:55
Last Modified: 17 Feb 2023 02:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22220

Actions (login required)

View Item View Item