EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembagian Harta Waris ‘An Tarâdhin Keluarga Masyarakat Banjar di Kecamatan Pahandut Kota Palangkaraya

Maulida, Nur Rizki (2023) Pembagian Harta Waris ‘An Tarâdhin Keluarga Masyarakat Banjar di Kecamatan Pahandut Kota Palangkaraya. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (576kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (970kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (439kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya fenomena unik dalam pembagian harta waris keluarga masyarakat Banjar di Kecamatan Pahandut Kota Palangkaraya. Penulis menemukan kata unik yang digunakan sebagai dasar dalam pembagian harta waris keluarga tersebut yaitu dengan kata ‘an tarâdhin. Penelitian ini difokuskan bukan sekedar pada pembagian harta waris dengan metode unik yang menggunakan dasar dari kata ‘an tarâdhin saja. Tetapi terdapat dampak sosiologis yang negatif juga penerapan kata ‘an tarâdhin dalam pembagian harta waris perspektif Islam itulah yang akan penulis kaji lebih dalam lagi. Penelitian ini termasuk penelitian hukum empiris. Dikaji melalui pendekatan sosiologi hukum dan pendekatan psikologi hukum. Data ini diperoleh dari Informan dengan menggunakan teknik pengumpulan data, analisis data, dan keabsahan data yang dianalisis melalui teori Mashlahah, teori kesadaran hukum, teori keadilan, juga teori sosiologi. Menghasilkan bahwa pembagian harta waris ‘an tarâdhin yang digunakan dalam keluarga Masyarakat Banjar di Kecamatan Pahandut Kota Palangkaraya ini bukan sistem pembagian harta waris secara Islam, normatif, maupun juga adat. Kata ‘an tarâdhin yang artinya rela ini dijadikan sebagai dasar dan tameng seperti apa pembagian harta warisnya. Fakta luarnya saja ‘an tarâdhin (saling rela) namun, sebaliknya dampak yang terjadi tujuan awal dari digunakannya ‘an tarâdhin guna menghindari perkelahian dalam pembagian harta waris keluarga tersebut tidak tercapai. Hal ini juga menimbulkan dampak sosiologis dalam Keluarga Masyarakat Banjar di Kecamatan Pahandut Kota Palangkaraya. Secara tersirat tidak semua ahli waris yang rela dengan cara pembagian harta waris tersebut, Terdapat keretakan dalam hubungan antar saudara karena adanya ketidakrelaan secara tersirat dalam pembagian harta waris tersebut, dan Terdapat kecemburuan yang tidak dapat disampaikan dari awal pembagian harta waris sampai saat ini oleh beberapa ahli waris karena faktor tidak adanya keberanian dan meminimalisir perpecahan yang lebih besar antar saudara dalam keluarga tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 17 Feb 2023 03:07
Last Modified: 17 Feb 2023 03:07
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22222

Actions (login required)

View Item View Item