EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Pendidikan pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (Studi Multi Situs pada TPQ An-Nahdy dan TPQ Yanbu’ul Qur’an)

Ramadhana, Feni Sucia (2022) Manajemen Pendidikan pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (Studi Multi Situs pada TPQ An-Nahdy dan TPQ Yanbu’ul Qur’an). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (570kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (886kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (675kB)

ABSTRAK

Taman pendidikan Al-Qur‟an (TPQ) merupakan salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yang bersifat non formal. Pendidikan non formal adalah jalur pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Manajemen Pendidikan di TPQ ialah tata kelola atau pengelolaan dari proses belajar mengajar di Taman Pendidikan Al-Qur‟an yang meliputi penerapan fungsi-fungsi manajemen pada pembelajaran di TPQ. Fokus penelitian ini adalah bagaimana penerapan fungsi manajemen pendidikan pada Taman Pendidikan Al-Qur‟an, studi pada TPQ An-Nahdy dan TPQ Yanbu‟ul Qur‟an yang meliputi perencanaan pembelajaran, pengorganisasian, pelaksanaan proses pembelajaran, pengawasan dan evaluasi dalam proses pembelajaran. Sedangkan tujuan dari penelitian ialah guna menjawab fokus penelitian ini. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif, adapun untuk teknik dalam pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan melalui tahapan koleksi data, reduksi data, penyajian data dan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua TPQ sudah menjalankan atau menerapkan fungsi-fungsi manajemen pendidikan. Pada perencanaan kedua TPQ sama-sama memakai teknik musyawarah dalam merencanakan pembelajaran, dalam pengorganisasiaan keduanya memiliki sturuktur organisasi yang jelas, memiliki kurikulum pembelajaran, dan adanya pembagian kelas dan guru. Tahap pelaksanaan kedua TPQ sudah menjalankan tahapan pelaksanan belajar, seperti pembukaan, kegiatan inti dan penutup, TPQ An-Nahdy dalam pelaksanaannya menggunakan metode tilawati dalam pembelajarannya sedangkan TPQ Yanbu‟ul Qur‟an menggunakan metode yanbu‟a dan iqro. Dalam pengawasan kedua TPQ melaksanakan pengawasan pada santri dan dewan guru. Kedua TPQ juga melakukan evaluasi pada pembelajarannya, TPQ An-Nahdy evaluasinya, harian dan kenaikan jilid. TPQ Yanbu‟ul Qur‟an melaksanakan evaluasi harian dan semester.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 28 Feb 2023 01:50
Last Modified: 28 Feb 2023 01:50
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22249

Actions (login required)

View Item View Item