EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Atlas Digital Berbasis 3D Pageflip Jenis Pteridophyta di Desa Jelapat II Kabupaten Barito Kuala

Lestari, Ika (2023) Pengembangan Atlas Digital Berbasis 3D Pageflip Jenis Pteridophyta di Desa Jelapat II Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Melalui pendidikan peserta didik akan dibekali dengan informasi untuk mempersiapkan diri dari persoalan di masa depan. Sampai saat ini pendidikan terus berkembang sehingga pendidik harus berpikir kritis untuk memberikan suasana baru dalam proses pembelajaran. Indonesia telah masuk era digital sehingga banyak peserta didik mencari sumber belajar yang praktis dan efisien. Salah satu sumber belajar yang dimaksud adalah atlas digital. Sebagian besar peserta didik belum pernah menggunakan atlas tumbuhan dalam pembelajaran biologi khusunya materi tumbuhan paku. Tumbuhan paku banyak tersebar di berbagai tempat, termasuk di Desa Jelapat II Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis paku-pakuan (Pteridophyta) yang ditemukan di Desa Jelapat II dan juga mendeskripsikan hasil validitas Atlas Digital Berbasis 3D Pageflip jenis Pteridophyta. Penelitian ini dilakukan di Desa Jelapat II, Kabupaten Barito Kuala yang dibagi menjadi 2 zona yaitu tepi jalan dan tepi aliran sungai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan yaitu Educational Design Research (EDR) yang mengacu pada Evaluasi Formatif Tessmer (1998) dan dibatasi sampai tahap self evaluation dan expert review. Metode pengambilan sampel menggunakan metode jelajah (cruise methods) dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 13 jenis paku-pakuan, 7 dari 11 famili dan 12 genus yang ditemukan di Desa Jelapat. Famili tersebut adalah Famili Blechnaceae, Lygodiaceae, Pteridaceae, Polypodiaceae, Dryopteridaceae, Thelypteridaceae, Gleicheniaceae. Hasil validitas atlas digital berbasis 3D pageflip jenis paku-pakuan oleh ahli media mendapatkan skor rata-rata 90,25% dengan kategori sangat valid. Sedangkan ahli materi didapatkan skor rata-rata 87,02% dengan kategori sangat valid.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 16 Mar 2023 00:59
Last Modified: 16 Mar 2023 00:59
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22340

Actions (login required)

View Item View Item