EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Karakter Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW yang Terkandung di dalam Q.S Ali Imran Ayat 159

Veriandi, Veriandi (2023) Karakter Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW yang Terkandung di dalam Q.S Ali Imran Ayat 159. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (402kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (419kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (864kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (823kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (488kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (384kB)

ABSTRAK

Kepemimpinan merupakan bagian dari fungsi-fungsi manajemen yang menduduki posisi strategis dalam sistem dan hirarki kerja dan tanggung jawab pada sebuah organisasi. Pada kesempatan kali ini penulis akan memaparkan mengenai karakter kepemimpinan Nabi Muhammad Saw yang terkandung didalam Q.S Ali Imran ayat 159. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana karakter kepemimpinan Nabi Muhammad Saw yang terkandung didalam ayat tersebut. Penelitian ini berbentuk studi pustaka atau kajian pustaka dengan menggunakan metode penelitian tafsir maudhu’i (tematik). Metode penelitian ini digunakan untuk menguraikan dari penafsiran pada kitab tafsir secara mendalam dengan mengumpulkan beberapa ayat Al-Qur’an mengenai suatu judul atau tema tertentu. Berdasarkan hasil dari penelitian ini karakter kepemimpinan yang terkandung didalam Q.S Ali-Imran ayat 159 terdapat lima nilai yang ditafsirkan berdasarkan sebab turunnya ayat tersebut. Lima nilai tersebut ialah: Pertama, sifat lemah lembut ketika menegur dan berbicara kepada seseorang yang melakukan kesalahan. Kedua, tidak bersikap kasar dan berhati yang keras sehingga orang orang yang berada di sekitar kita terutama ketika menjadi seorang pemimpin tidak dijauhi. Ketiga, sifat memaafkan atas kesalahan yang diperbuat orang lain yang dapat menyakiti kita dan saling mendoakan untuk kebaikan dan pengampunan dosa kepada Allah Swt. Keempat, selalu bermusyawarah ketika menghadapi suatu urusan dan permasalahan di mana saling bertukar pendapat dan memutuskan secara mufakat. Kelima, memiliki tekad yang bulan dan selalu bertawakal kepada Allah sehingga menerima dengan lapang dada terhadap hasil dari keputusan yang telah disepakati.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 17 Mar 2023 06:20
Last Modified: 17 Mar 2023 06:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22352

Actions (login required)

View Item View Item