EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bullying dalam Perspektif Kajian Al-Qur‘an di Akun YouTube UAS & UAD

Fakhra, Abdurrahman (2024) Bullying dalam Perspektif Kajian Al-Qur‘an di Akun YouTube UAS & UAD. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (756kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (888kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (687kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (848kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (356kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (739kB)

ABSTRAK

Angka kasus korban bullying di Indonesia setiap tahun selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan, bahkan angka tersebut enggan mengalami penururnan. Ditambah dengan adanya media sosial yang menjadi kebutuhan masyarakat modern sehari-hari membuat perilaku bullying tidak hanya terjadi di dunia nyata tetapi juga terjadi di dunia maya. Selain itu, yang menjadi kegelisahan sekarang ini adalah para pemuka agama seperti Ustadz, Kyai, Ulama dan jamaahnya juga terlibat menjadi pelaku maupun korban bullying. Karena disebabkan fanatisme dalam beragama, sehingga sulit menerima perbedaanperbedaan pemahaman atau pendapat yang menimbulkan gesakan antara satu Ustadz dengan Ustadz yang lain. Masalah yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman tentang bullying dalam perspektif kajian al-Qur‘an di akun YouTube Uas & Uad, bagaimana bentuk bullying kajian al-Qur‘an di akun YouTube Uas & Uad, dan bagaimana dampak bullying kajian al-Qur‘an di akun YouTube Uas & Uad,. Penelitian ini disajikan dalam bentuk pustaka (library research) dengan sifat kualitatif serta menggunakan metode deskripsi dalam bentuk kata-kata, bahasa (naratif) atau gambar. Objek kajian dari penelitian ini adalah mengkolaborasikan penafsiran atau pemahaman, bentuk dan dampak bullying yang termuat dalam Q.S. al-Hujurât/49: 11 dan Q.S. al-Humazah/104: 1 yang diuraikan oleh Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Adi Hidayat di akun YouTube mereka. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan sebagai berikut: Bentuk bullying dalam Q.S. al-Hujurât/49: 11 terdapat tiga istilah yaitu: Pertama, sakhar yang artinya mengolok-olok. Kedua, al-lamz artinya mengejek secara berhadapan. Ketiga, an-nabz artinya memberi gelar buruk. Dan pada Q.S. al-Humazah/104: 1 terdapat dua istilah yaitu Pertama, al-humazah artinya, mengejek menggunakan mulut atau dengan lisan. Kedua, al-lumazah artinya, mengejek dengan perbuatan. Adapun dampak dari bullying dalam perspektif kajian al-Qur‘an terdapat dua bentuk yaitu dampak personal dan sosial: Pertama, dampak personal menyebabkan hatuhnya kehormatan korban dan menyebabkan pelaku mendapat murka Allah Swt. Kedua, dampak Sosial, menyebabkan perpecahan dan permusuhan antar sesama manusia.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 14 May 2024 00:35
Last Modified: 14 May 2024 00:39
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26532

Actions (login required)

View Item View Item