EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Peningkatan Entrepreneurship AUD Di PAUD Terpadu Khalifah Banjarmasin 1

Suandi, Fitria Ramuna (2024) Implementasi Peningkatan Entrepreneurship AUD Di PAUD Terpadu Khalifah Banjarmasin 1. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (33kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (934kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Kewirausahaan menjadi sangat penting di zaman ini disebabkan semenjak terjadinya wabah covid19 yang menjadi awal mula meningkatnya tingkat pengangguran yang ada di Indonesia. Maka dari itu di perlukan adanya pendidikan kewirausahaan yang dilakukan sejak dini pada anak. Fokus penelitian ini adalah implementasi peningkatan entrepreneurship AUD di PAUD Terpadu Khalifah Banjarmasin 1 yang melaksanakan kegiatan dengan menggunakan berbagai program kegiatan khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program yang telah dirancang dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi peningkatan soft skill entrepreneurship mengenai program-program yang sudah di implementasikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah,1 guru wali kelas TK A, dan anak di PAUD Terpadu Khalifah Banjarmasin 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman berupa reduksi data, display data (Penyajian Data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi. Keabsahan data yang digunakan peneliti adalah triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan pembelajaran entrepreneurship memiliki pedoman kurikulum yang didapatkan dari manjemen halifah. Sehingga pihak sekolah menyesuaikan kondisi disekolah dan ketentuan format penulisan kurikulum merdeka. 2) Pelaksanaan dilakukan dengan kegiatan sentra life skill, metode outing class, bermain peran, market day, visiting a farm, dan cooking day. 3) Evaluasi pembelajaran entrepreneurship untuk anak usia dini adalah dengan menggunakan ceklis, catatan anekdot, dan hasil karya. 4) Faktor pendukung terdiri dari fasilitas atau media yang didukung oleh yayasan, anak didik yang tertarik dan antusias dengan pembelajaran, dan dukungan dari orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sulitnya kerja sama dengan lembaga atau institusi, kehadiran orang tua, kehadiran guru, dan guru belum membuat RPPH yang sesuai dengan kondisi di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 04 Jun 2024 01:20
Last Modified: 04 Jun 2024 01:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26606

Actions (login required)

View Item View Item