EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Media Poster Pada Pembelajaran Al Qur’an Hadis Kelas IV MI Muhammadiyah 3 Al Furqan Banjarmasin

Hermina, Hermina (2024) Penerapan Media Poster Pada Pembelajaran Al Qur’an Hadis Kelas IV MI Muhammadiyah 3 Al Furqan Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (836kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Media pembelajaran adalah segala bentuk informasi, komunikasi dan perantara antara seorang pendidik dengan peserta didik untuk membantu mempermudah penyampaian materi pembelajaran sehingga tercapainya tujuan pembelajaran. Penerapan media pembelajaran dapat menumbuhkan minat siswa untuk belajar hal baru dalam materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga dapat dengan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media poster pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis kelas IV MI Muhammadiyah 3 Al Furqan Banjarmasin, serta faktor pendukung dan penghambat penerapan media visual pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis kelas IV MI Muhammadiyah 3 Al Furqan Banjarmasin Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif, bersifat deskriptif, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dijadikan teori, dengan subjek penelitian guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dan peserta didik kelas IV dan data penunjang berupa profil madrasah, sejarah madrasah, letak geografis madrasah, sarana dan prasarana, jumlah guru dan peserta didik, dan modul ajar Al-Qur’an Hadis kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media poster dalam bentuk poster surah berisikan tiga tahapan. Tahap pertama yaitu tahap perencanaan yang dibuat guru sebelum pembelajaran dimulai dalam bentuk modul ajar. Tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan menggunakan modul ajar yang dibuat guru sebelumnya (kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup). Tahap terakhir yaitu tahap evaluasi. Terdapat juga faktor pendukung dalam penerapan media poster dalam bentuk poster surah yaitu: faktor guru, faktor motivasi, faktor peserta didik, faktor media menarik dan faktor sarana dan prasarana, sedangkan faktor penghambat: faktor tulisan kurang besar dan faktor lingkungan kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 04 Jun 2024 05:55
Last Modified: 04 Jun 2024 05:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26612

Actions (login required)

View Item View Item