EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Persepsi Masyarakat Desa Sungai Danau Kecamatan Satui Tentang Wakaf Uang yang Dilakukan Melalui Platform Digital

Wahidi, Akhmad (2024) Persepsi Masyarakat Desa Sungai Danau Kecamatan Satui Tentang Wakaf Uang yang Dilakukan Melalui Platform Digital. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Semakin berkembangnya zaman maka pelaksanaan wakaf uang juga semakin berkembang, yang dulunya wakaf uang hanya bisa dilakukan secara langsung namun sekarang wakaf uang sudah bisa dilakukan melalui platform digital. Adanya perkembangan dalam pelaksanaan wakaf uang tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat Desa Sungai Danau Kecamatan Satui tentang wakaf uang yang dilakukan melalui platform digital serta untuk mengetahui bagaimana faktor yang mempengaruhi presepsi masyarakat di Desa sungai danau tentang wakaf uang yang dilakukan melalui platform digital. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian menggunakan fakta-fakta empiris yang diambil dari perilaku manusia melalui perilaku yang didapat dari wawancara. Adapun subjek penelitian ini adalah masyarakat Desa Sungai Danau Kecamatan Satui dengan objek yaitu persepsi masyarakat Desa Sungai Danau Kecamatan Satui tentang wakaf uang yang dilakukan melalui platform digital. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga perbedaan persepsi tentang wakaf uang yang dilakukan melalui platform digital. Persepsi yang pertama, lima dari sepuluh orang berpersepsi bahwa wakaf uang yang bisa dilakukan melalui platform digital ini lebih praktis. Persepsi kedua, dua dari sepuluh informan berpresepsi bahwa wakaf uang secara langsung yang diserahkan kepada nazhir maupun lembaga wakaf itu lebih aman dan pasti uangnya tersalurkan dengan baik. Persepsi ketiga, tiga dari sepuluh informan berpersepsi wakaf uang hanya bisa dilakukan secara langsung karena sudah jelas hukumnya dari dulu, lebih aman dan meyakinkan. Persepsi tersebut dipengaruhi dari faktor fungsional seperti, faktor pengetahuan, pengalaman dan pendidikan dan juga dipengaruhi faktor struktural seperti faktor budaya.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:10
Last Modified: 06 Jun 2024 02:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26620

Actions (login required)

View Item View Item