EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Program Tahfizh Al-Qur’an dalam Membentuk Karakter Siswa Di MIN 8 Hulu Sungai Tengah

Nikmah, Nurul (2024) Implementasi Program Tahfizh Al-Qur’an dalam Membentuk Karakter Siswa Di MIN 8 Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan Nurul Nikmah.pdf

Download (351kB)
[img] Text
AWAL Nurul Nikmah.pdf

Download (711kB)
[img] Text
ABSTRAK Nurul Nikmah.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I Nurul Nikmah.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB II Nurul Nikmah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB III Nurul Nikmah.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV Nurul Nikmah.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB V Nurul Nikmah.pdf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Nurul Nikmah.pdf

Download (138kB)
[img] Text
LAMPIRAN Nurul Nikmah.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi karena pentingnya sekolah menyiapkan anak-anak yang membaca Al-Qur’an dengan baik, untuk membentuk akhlak pribadi muslim dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks, yang memiliki peran sangat penting dalam membentuk karakter dan anak-anak akan lebih mudah mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari seperti menjadi individu yang disiplin, jujur, dan menghargai waktu. Adapun penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan program tahfizh Al-Qur’an dalam pembentukan karakter siswa MIN 8 Hulu Sungai Tengah. 2) Untuk mengetahui tentang Faktor Pendukung dan kendala dalam program tahfizh Al Qur’an 3) Untuk mengetahui pembentukan karakter siswa pada kegiatan Program tahfizh Al-Qur’an di MIN 8 Hulu Sungai Tengah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif bentuk deskriptif. Adapun teknik pengumpuluan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan informan dalam penelitian ini yaitu guru, dan ketua program tahfizh Al-Qur’an, dan peserta didik. Analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa perencanaan program tahfizh Al-Qur’an di MIN 8 Hulu Sungai Tengah sudah sesuai dengan tahapan program tahfizh Al-Qur’an, menentukan indikator keberhasilan program tahfizh Al-Qur’an dan lahirlah jadwal kegiatan program tahfizh Al-Qur’an pada sebelum kelas pertama dimulai. Pelaksanaan program tahfizh Al-Qur’an di MIN 8 Hulu Sungai Tengah sudah berjalan dengan baik bisa dilihat dengan proses hafalan, metode yang digunakan dan keterlibatan guru dalam melaksanakan program karena mereka sendiri yang terlibat langsung dalam perencanaan program tahfizh Al Qur’an dan Program tahfizh Al-Qur’an ini dalam pembentukan karakter siswa menjadi lebih baik seperti kejujuran dalam menyetor hafalan, kedisplinan pada saat tepat waktu dalam mematuhi jadwal setoran mereka dan tidak menunda nunda hafalan, dan menghargai waktu untuk muroja’ah disaat waktu senggang.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:55
Last Modified: 10 Jun 2024 07:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26640

Actions (login required)

View Item View Item