EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tingkat Literasi Masyarakat Kabupaten Barito Kuala Terhadap Lembaga Keuangan Syariah

Anggraini, Lisa Dwi (2024) Tingkat Literasi Masyarakat Kabupaten Barito Kuala Terhadap Lembaga Keuangan Syariah. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
ABSTRAK LISA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB I LISA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II LISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
BAB III LISA.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB 4 LISA.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB V LISA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LISA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
LAMPIRAN- LAMPIRAN LISA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
pernyataan keaslian tulisan lisaaaaaaa.pdf

Download (119kB)
[img] Text
COVER - DAFTAR ISI LISA new.pdf

Download (929kB)

ABSTRAK

Perluasan sektor perbankan merupakan salah satu elemen yang menentukan seberapa cepat suatu perekonomian tumbuh. Berkembangnya sektor keuangan akan mempengaruhi pola pikir masyarakatnya. Pola pikir masyarakat terhadap sektor keuangan ini, khususnya terhadap lembaga keuangan syariah dapat diketahui dari bagaimana pengetahuan, keyakinan, dan keterampiannya. Literasi keuangan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang diawali dengan mengetahui dan meyakini, hingga terampil dalam mengelola keuangan menjadi penting untuk diketahui dan dicarikan solusinya jika terdapat hal – hal yang menjadi masalahnya. Hal tersebut merupakan upaya agar tingkat literasi masyarakat khususnya masyarakat Batola tergolong masyarakat yang well literate (Sangat Terliterasi). Untuk mengukur tingkat literasi masyarakat terhadap keuangan syariah tentu diperlukan lembaga yang dapat menampung dan melayani kebutuhan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan syariah. Berdasarkan survei yang peneliti lakukan di Kabupaten Barito Kuala, khususnya di Kecamatan Marabahan, hingga saat ini belum ada berdirinya Perbankan Syariah atau Bank Syariah, atau Lembaga Keuangan Syariah lainnya. Lembaga keuangan yang ada di wilayah ini hanya ada lembaga keuangan konvensional, namun salah satunya juga menawarkan layanan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Literasi Masyarakat Kabupaten Barito Kuala Terhadap Lembaga Keuangan Syariah. Responden penelitian ini mengisi kuesioner yang disebarkan secara online melalui google form dan offline secara langsung. Sampel yang digunakan sebanyak 100 (seratus) responden. Analisis deskriptif persentase merupakan salah satu jenis analisis data yang digunakan peneliti. Penelitian ini menjadi dasar pembahasan penulis mengenai analisis data yang diperoleh dari jawaban responden terhadap kuesioner yang terdiri dari 20 pertanyaan. Atas pertanyaan itu, skoring dilakukan dengan menjumlahkan semua skor masing-masing soal. Jumlah tersebut selanjutnya diolah menjadi data dengan skala nilai 100. Hasil perhitungan tersebut kemudian dijadikan tolak ukur untuk menghitung tingkat literasi keuangan tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 12 Jun 2024 05:37
Last Modified: 12 Jun 2024 05:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26668

Actions (login required)

View Item View Item