EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kerjasama Mukhabarah Petani Padi Dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Desa Tuyau Kecamatan Pematang Karau

Rija, Ahmad (2024) Kerjasama Mukhabarah Petani Padi Dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Desa Tuyau Kecamatan Pematang Karau. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (851kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (139kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai tidak semua petani di Desa Tuyau memiliki lahan sendiri dan beberapa lahan kebanyakan dimiliki oleh segelintir orang saja, terutama yang mempunyai modal banyak untuk membeli lahan. Namun agar tidak ada lahan pertanian yang terbengkalai, maka masyarakat mulai berinisiatif untuk memanfaatkan lahan tersebut. Karena kebanyakan pemilik lahan di desa ini belum bisa menggarap lahannya dengan alasan tidak memiliki waktu dan banyak juga pemilik lahan yang tidak mempunyai kemampuan dalam hal bertani, maka pengelolaan lahan diserahkan kepada orang yang mampu menggarapnya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kerjasama mukhabarah petani padi masyarakat desa Tuyau kecamatan pematang marah, dan juga untuk mengetahui kerjasama mukhabarah petani padi dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa Tuyau kecamatan pematang karau. Penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research), dengan subjek penelitian adalah petani yang berjumlah 5 orang dan pemilik lahan yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, study dokumentasi, dan observasi. Pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang digunakan pada penelitian ini. Adapun teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kerjasama mukhabarah di Desa Tuyau, Pematang Karau, mengalami kesuksesan dengan menggunakan padi sebagai tanaman utama. Rasio bagi hasil 80:20 diterapkan secara adil antara petani dan pemilik lahan. Estimasi durasi akad berkisar 6-7 bulan, dengan ukuran lahan disesuaikan dengan kapasitas masing-masing petani. Kerjasama ini telah memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat melalui penggunaan sumber daya alam yang efisien, teknologi modern, peningkatan kompetensi petani, kerjasama dalam penjualan hasil panen, dan dukungan pemerintah. Hasilnya adalah peningkatan pendapatan, pengurangan kesenjangan ekonomi, dan peningkatan kesejahteraan secara keseluruhan di Desa Tuyau.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:45
Last Modified: 13 Jun 2024 07:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26693

Actions (login required)

View Item View Item