EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peranan Majelis Ta’lim Al-Hidayah dalam Pembinaan Remaja di Desa Baruh Panyambaran Kabupaten Balangan

Gazali, Ahmad (2024) Peranan Majelis Ta’lim Al-Hidayah dalam Pembinaan Remaja di Desa Baruh Panyambaran Kabupaten Balangan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (277kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Majelis Ta’lim merupakan suatu lembaga pendidikan non formal di lingkungan masyarakat. Majelis Ta’lim memiliki andil atau peran penting dalam memberikan pembelajaran moral sesuai dengan ketentuan dalam syariat agama Islam. Maka dari itu, Majelis Ta’lim sudah sepatutnya memiliki peran dalam membina remaja agar dapat menjadi seseorang yang taat terhadap aturan agama dan taat terhadap aturan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Hal ini lah yang dilakukan di Majelis Ta’lim Al-Hidayah Desa Baruh Panyambaran Kecamatan Halong yang telah membina masyarakat termasuk remaja agar dapat hidup selaras dengan ketentuan yang diatur dalam agama Islam terutama pada aspek fikih dan tauhid/akidah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Majelis Ta’lim Al Hidayah dalam membina remaja di Desa Baruh Panyambaran dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan remaja di Desa Baruh Panyamabaran. Pembinaan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pembinaan dalam bidang tauhid, fikih dan akhlak terhadap remaja Desa Baruh Panyambaran yang mengikuti pengajian di Majelis Ta’lim Al -Hidayah secara rutin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah ustadz, remaja, dan tokoh masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan meliputi editing, display data dan klasifikasi. Teknik analisis yang digunakan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Majelis Ta’lim Al -Hidayah Desa Baruh Panyambaran dalam membina remaja meliputi peran dalam membina bidang fikih yaitu tata cara beribadah dengan baik dan benar sesuai dengan ketentian dan peran dalam membina bidang tauhid/akidah yaitu ilmu mengenai ketuhanan atau cara mengenal Allah sebagai Tuhan yang berhak dan wajib disembah. Faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan meliputi faktor sarana dan prasarana, masyarakat dan lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 13 Jun 2024 05:59
Last Modified: 19 Jun 2024 00:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26696

Actions (login required)

View Item View Item