EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

UPAYA GURU PAI UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA ANTAR PENGANUT AGAMA DI SMAN 7 BANJARMASIN

Arianto, Agus (2021) UPAYA GURU PAI UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA ANTAR PENGANUT AGAMA DI SMAN 7 BANJARMASIN. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Awal (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (462kB)

ABSTRAK

ABSTRAK Agus Arianto : Upaya Guru PAI Untuk Menumbuhkan Sikap Toleransi Beragama Antar Penganut Agama Di Sman 7 Banjarmasin, di bawah bimbingan Ibu Dra. Inna Muthmainnah, MA., Ph. D sebagai Pembimbing I dan Bapak Dr. Hidayat Ma’ruf, M. Pd sebagai Pembimbing II, Tesis pada Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin, 2021. Kata Kunci: Guru PAI, Sikap Toleransi. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di SMA Negeri 7 Banjarmasin peneliti menemukan adanya siswa yang berasal dari latar belakang agama yang berbeda-beda, yaitu dari agama Islam, Kristen, Katolik Hindu, dan Buddha. Meskipun agama Islam menjadi mayoritas di sekolah tersebut, tetapi di lingkungan sekolah hubungan antara warga sekolah tetap terjalin dengan baik. Disini peneliti ingin mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama antar penganut agama di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber data yakni person, place, dan paper. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu berupa reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan temuan dengan uji kredibilitas (perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi teknik, sumber dan waktu, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, mengadakan memberchek) pengujian transferability, pengujian dependability, pengujian konfirmability. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap pelaporan. Hasil penelitian adalah: (1) Siswa di SMA Negeri 7 Banjarmasin memiliki sikap toleransi beragama yang cukup baik dan tertanam kuat dalam dirinya, sikap ini muncul dan berkembang sesuai dengan keadaan antropologi siswa yang heterogen dan plural sehingga menimbulkan kebiasaan siswa untuk bersikap toleran dalam berinteraksi social. (2) Upaya guru PAI dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama antar penganut agama melalui kegiatan pembelajaran adalah (a) siswa beragama Islam dan non muslim ada mata pelajaran agama masing-masing (b) guru memberi pemahaman kepada siswa tentang materi toleransi (c) guru memberikan contoh menghormati dan menghargai pemeluk agama lain, membina sikap gotong royong dan hidup rukun (d) guru mengajak keluar kelas agar siswa lebih bebas dalam mengekspresikan prakteknya (3) Upaya guru PAI dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama antar penganut agama melalui kegiatan keagamaan adalah (a) kegiatan keagamaan bagi siswa yang beragama Islam (b) kegiatan keagamaan bagi siswa yang beragama non Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana (Magister dan Dokter) > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 21 Jun 2024 06:34
Last Modified: 21 Jun 2024 06:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26765

Actions (login required)

View Item View Item