EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pola Pembelajaran Kitab Syarah Sittin Mas’alah di kelas II Mu’allimat Pondok Pesantren Darul Ilmi Putri Banjarbaru

Karimah, Nurul (2024) Pola Pembelajaran Kitab Syarah Sittin Mas’alah di kelas II Mu’allimat Pondok Pesantren Darul Ilmi Putri Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (760kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (545kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang pola pembelajaran kitab Syarah Sittin Mas’alah di kelas II mu’allimat Pondok Pesantren Darul Ilmi putri Banjarbaru dengan fokus penelitian pola pembelajaran kitab Syarah Sittin Mas’alah di kelas II Mu’allimat dan faktoe pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan langsung terjun ke lapangan untuk meneliti pola pembelajaran kitab Syarah Sittin Mas’alah di kelas II mu’allimat Pondok Pesantren darul Ilmi Putri Banjarbaru. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualititatif. Subjek Penelitian adalah guru kitab Syarah Sittin Mas’alah dan santri kelas II mu’allimat pondok pesantren Darul Ilmi putri Banjarbaru. Objek dalam penelitian adalah pola pembelajaran kitab Syarah Sittin Mas’alah di kelas II Mu’allimat pondok pesantren darul ilmi Banjarbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan diproses secara sistematis melalui proses koleksi, editing, klasifikasi, dan Interpretasi data. Setelah itu, semua data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan disimpulkan dengan menggunakan metode reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola pembelajaran kitab Syarah Sittin Mas’alah di kelas II mu’allimat Pondok Pesantren Darul Ilmi Putri Banjarbaru tergolong cukup baik. Hal ini dinilai dari pola pembelajaran kitab Syarah Sittin Mas’alah yang didalamnya ada beberapa komponen yaitu adanya guru yang kompeten dalam bidangnya, adanya peserta didik, dan adanya kurikulum dan metode yang disesuaikan dengan kondisi siswa dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai ditunjang dengan adanya media pembelajaran dan evaluasi untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil dan ketercapaian belajar peserta didik Faktor-faktor yang mendukung adalah adanya faktor guru yang kompeten dan waktu belajar yang lebih banyak dari mata pelajaran yang lainnya, sedangkan faktor yang menghambat karena keadaan internal santri yang kurang siap dan fokus saat pembelajaran dan terbatasnya kemampuan bahasa arab santri ketika evaluasi pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 26 Jun 2024 00:07
Last Modified: 26 Jun 2024 00:07
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26893

Actions (login required)

View Item View Item