EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Representasi Pesan Moral Dalam Film Pendek Animasi Berjudul Bao Karya Domee Shi (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Putri, Ayu Monica (2024) Representasi Pesan Moral Dalam Film Pendek Animasi Berjudul Bao Karya Domee Shi (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.docx.pdf

Download (125kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (741kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Seiring dengan peradaban yang semakin canggih membuat manusia tidak mampu lepas dari kemudahan fasilitas teknologi, apalagi di zaman sekarang manusia menciptakan dan mempersiapkan teknologi sebagai media penunjang hidup. Salah satu perkembangan teknologi yang memiliki dampak besar bagi penyebaran informasi manusia adalah perkembangan teknologi di dunia perfilman, termasuk film animasi sebagai sarana komunikasi yang sering digunakan untuk penyampaian pesan moral untuk berbagai umur, baik berupa pesan tersurat maupun pesan tersirat. Pesan moral yang disampaikan tersirat dalam sebuah film biasanya memicu banyaknya representasi dalam mengartikan hal tersebut oleh para penonton. Film Bao karya Domee Shi ini merupakan film pendek berdurasi 8 menit yang dirilis pada tanggal 15 Juni 2018 dan film ini mendapatkan nominasi Academy Award For Best Animated Short Film. Film ini diangkat dari kisah nyata serta menampilkan karakter yang lucu, cerita yang ringan dan singkat, penuh dengan nilai-nilai moral dan pesan moral. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos serta untuk mengetahui representasi pesan moral yang terkandung dalam film Bao karya Domee Shi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotika Roland Barthes dengan pendekatan kualitatif dengan memaparkan scene-scene yang di dapat dari film animasi, kemudian melakukan analisis dengan mencari representasi pesan moral dari scene-scene tersebut menggunakan metode Analisa semiotika Roland Barthes yang berfokus pada tiga level representasi yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Melalui pendekatan ini, peneliti mencoba mengindentifikasikan elemen-elemen visual, simbol, dan pesan yang digunakan oleh Domee Shi untuk menyampaikan pesan moral dalam film Bao. Representasi pesan moral dalam film ini secara garis besar mencakup nilai�nilai seperti pentingnya hubungan keluarga terutama suami istri, kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya, keinginan anak melakukan banyak hal namun tidak diberi kesempatan orangtunya, jangan membentak orangtua dan kasih saying ibu sepanjang masa.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 26 Jun 2024 00:33
Last Modified: 26 Jun 2024 00:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26895

Actions (login required)

View Item View Item