EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Outdoor Learning untuk Anak Usia Dini di PAUD Alam Darunnajah Banjarbaru

Cahyani, Rizka Fitria (2024) Implementasi Outdoor Learning untuk Anak Usia Dini di PAUD Alam Darunnajah Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (718kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Outdoor learning baik untuk pedagogis anak karena aktivitas yang dilakukan di luar ruangan merupakan dasar dari pembelajaran anak usia dini dan diakui dengan baik dalam pendidikan anak usia dini sebagai kebutuhan perkembangan Dalam hal ini guru dapat memanfaatkan kegiatan outdoor learning sebagai strategi yang tepat untuk pembelajaran anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi outdoor learning serta faktor pendukung dan penghambat outdoor learning di PAUD Alam Darunnajah Banjarbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelompok B1 dan B2 serta peserta didik PAUD Alam Darunnajah Banjarbaru. Objek pada penilitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta faktor pendukung dan penghambat pada implementasi outdoor learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan dalam implementasi outdoor learning pada perencanaan guru membuat modul ajar berdasarkan alur tujuan pembelajaran dan membuat SOP selain itu guru juga selalu melakukan survei tempat yang akan dikunjungi pada kegiatan outdoor learning. Pelaksanaan outdoor learning pada PAUD Alam Darunnajah Banjarbaru minimal dilaksanakan seminggu sekali dan 2 kali dalam satu semester (karyawisata). Bentuk pelaksanaannya yaitu jelajah alam sekitar dan karyawisata. Pada evaluasi menggunakan teknik penilaian ceklis, anekdot dan foto berseri. Terdapat 2 faktor yang mempengaruhi, faktor pendukung yaitu sarana dan prasarana yang beragam, keterampilan guru, dukungan yayasan dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat yaitu sarana prasarana yang jumlah nya tidak seimbang dengan peserta didik, halaman sekolah yang becek dan kendala pada tempat yang akan dikunjungi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:58
Last Modified: 27 Jun 2024 06:58
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26923

Actions (login required)

View Item View Item