EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendapat Istri Kedua Terhadap Rumah Tangga Poligaminya (Studi Kasus Desa Kertak Hanyar II Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar)

Madani, Ilfa Safira (2024) Pendapat Istri Kedua Terhadap Rumah Tangga Poligaminya (Studi Kasus Desa Kertak Hanyar II Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pernikahan adalah sebuah perjanjian yang sakral yang menghalalkan hubungan antara seorang laki-laki dan perempuan. Poligami adalah praktik dimana seseorang menikah dengan lebih dari satu pasangan pada saat yang sama, berbeda dengan monogami, dimana seseorang hanya memiliki satu pasangan dalam satu waktu. Poligami termasuk suatu persoalan klasik dalam perkawinan yang menarik untuk dibahas. Pada saat melakukan observasi awal di Desa Kertak Hanyar II, ada 3 keluarga yang melakukan poligami di bawah tangan. Salah satunya ada yang melakukan poligami secara terang-terangan atau diketahui oleh istri pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat istri kedua terhadap Gambaran rumah tangga poligaminya dan alasan mereka berpendapat demikian. Jenis penelitian ini ialah penelitian hukum empiris. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan sosiologis. Dengan subjek 3 orang istri kedua dan objeknya pendapat istri kedua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul selanjutnya diolah melalui proses editing, deskripsi, klasifikasi, dan matriks. Setelahnya data tersebut di analisis. Berdasarkan metode yang digunakan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: pertama, pendapat istri kedua Desa Kertak Hanyar II Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar terhadap rumah tangga poligaminya terbagi menjadi dua, kelompok pertama terdiri dari 2 orang informan yang sama-sama diketahui istri pertama keberadaannya menyatakan bahagia dengan pernikahan ini dan suami berlaku adil maka status hukum poligaminya ialah mubah. Kelompok kedua yang terdiri dari 1 informan yang keberadaannya tidak diketahui istri pertama menyatakan selalu merasa cemas atau takut diketahui oleh istri pertama akan pernikahan mereka yang disembunyikan maka status hukum poligaminya ialah makruh. Dan semua informan menyetujui bahwa poligami di bawah tangan itu sah saja secara agama. Mereka berpendapat baik melakukan pernikahan poligami untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kedua, alasan yang mendasari istri kedua berpendapat demikian ialah istri kedua mensyukuri pernikahan poligami ini karena haknya terpenuhi, istri kedua merasa puas karena haknya terpenuhi walaupun hak diberi giliran tidak terpenuhi, dan istri kedua mengalami perasaan campur aduk karena hak non materinya tidak terpenuhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:53
Last Modified: 08 Jul 2024 03:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27062

Actions (login required)

View Item View Item