EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Gaya Retorika Dakwah KH Ahmad Zuhdiannoor dalam Channel Youtube Masjid Ar-Raudhah Sungai Andai

Farhan, Farhan (2024) Gaya Retorika Dakwah KH Ahmad Zuhdiannoor dalam Channel Youtube Masjid Ar-Raudhah Sungai Andai. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (374kB)

ABSTRAK

Dahulu, ulama menyampaikan dakwah hanya di lingkungan dimana ulama tersebut berada, sekarang ulama dapat menyampaikan pesan dakwah di rumah atau di tempat majelisnya namun orang-orang dapat melihat dan mendengarkan pesan dakwah tersebut di manapun berada, salah satunya melalui media online, yaitu channel Youtube Masjid Ar-Raudhah Sungai Andai. Pada channel ini memiliki video ceramah ulama kharismatik yang memiliki gaya retorika yang khas sehingga disukai oleh orang-orang khususnya penduduk Kota Banjarmasin. Orang-orang dapat melihat dan mendengarkan ceramah KH Ahmad Zuhdiannoor langsung maupun tunda. Namun belum diketahui, jenis dan bagaimana gaya retorika yang digunakan oleh KH Ahmad Zuhdiannoor dalam menyampaikan ceramah agama di Masjid Ar-Raudhah Sungai Andai. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya retorika dakwah KH Ahmad Zuhdiannoor dalam channel youtube Masjid Ar-Raudhah Sungai Andai. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan teori gaya retorika Gorys Keraf. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 4 dimensi gaya retorika Gorys Keraf, yaitu pilihan kata : Gaya bahasa tidak resmi, gaya bahasa percakapan. Langsung atau tidaknya sebuah makna : Gaya bahasa retoris, gaya bahasa kiasan. Nada : Nada sederhana, nada bertenaga, nada menengah. Pilihan kalimat : Klimaks, antiklimaks, repetisi.Pilihan kalimat digunakan secara holistik oleh KH Ahmad Zuhdiannoor pada pengajian di Masjid Ar-Raudhah Sungai Andai. Gaya bahasa tidak resmi yang dipadukan dengan gaya bahasa percakapan, penggunaan gaya bahasa retoris dan gaya bahasa kiasan, adanya kalimat-kalimat yang mengandung klimaks, antiklimaks, dan kadang direpetisi, nada yang terkadang sederhana, kadang menggunakan nada menengah, dan ada juga nada bertenaga membuat jamaah KH Ahmad Zuhdiannoor tidak bosan dan menyukai cara beliau menyampaikan dakwah. Kesimpulan penelitian ini adalah gaya retorika dakwah KH Ahmad Zuhdiannoor dalam channel youtube Masjid Ar-Raudhah Sungai Andai menggunakan dan menggabungkan semua dimensi gaya retorika Gorys Keraf untuk memberikan pemahaman pesan dakwah kepada semua jamaah, dari hasil penelitian 3 video tersebut gaya bahasa yang paling menonjol adalah gaya bahasa tidak resmi dengan 6 paragraf, gaya bahasa tidak resmi 16 paragraf dan gaya bahasa percakapan sebanyak 12.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:17
Last Modified: 09 Jul 2024 02:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27088

Actions (login required)

View Item View Item