EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengelolaan Hubungan Masyarakat dalam Pengembangan Hubungan Edukatif di MTsN 6 Hulu Sungai Selatan

Saputri, Yulida Maya (2024) Pengelolaan Hubungan Masyarakat dalam Pengembangan Hubungan Edukatif di MTsN 6 Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Awal Yulida Maya Saputri.pdf

Download (662kB)
[img] Text
Abstrak Yulida Maya Saputri.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB I Yulida Maya Saputri.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II Yulida Maya Saputri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB III Yulida Maya Saputri.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB IV Yulida Maya Saputri.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB V Yulida Maya Saputri.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Daftar pustaka Yulida Maya Saputri.pdf

Download (190kB)
[img] Text
LampiranI Yulida Maya Saputri.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pengelolaan hubungan masyarakat sangatlah penting dalam pengembangan hubungan edukatif. Dengan adanya pengelolaan hubungan masyarakat yang baik akan menimbulkan kerjasama antara pihak madrasah dan orang tua siswa dalam membimbing dan memantau perkembangan belajar siswa. Adapun di MTsN 6 Hulu Sungai Selatan diketahui masih rendahnya partisipasi orang tua, menunjukkan banyak orang tua kurang terlibat dalam proses pendidikan anak mereka di sekolah. Selain itu, komunikasi yang kurang efektif antara sekolah dan orang tua. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya sarana komunikasi yang memadai atau strategi komunikasi yang tidak tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah Dengan menjadikan informan kepala sekolah madrasah Tsanawiyah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan hubungan masyarakat dalam pengembangan hubungan edukatif di MTsN 6 Hulu Sungai Selatan yaitu melalui penetapan visi, misi dan tujuan, menentukan program hubungan masyarakat, panjadwalan dan pertanggung jawaban. Pelaksanaan hubungan masyarakat dalam pengembangan hubungan edukatif di MTsN 6 Hulu Sungai selatan dengan menjalankan semua rencana yang telah ditetapkan, seperti melaksanakan rapat kerja, mengadakan rapat rutin dengan orang tua siswa, sosialisasi sekolah dengan masyarakat, menjalin silaturahmi kepada masyarakat dengan orang tua. Dan juga menjalin komunikasi yang efektif antara pihak madrasah dengan orang tua siswa. Kendala-kendala yang dihadapi Seperti, orang tua tidak terlalu perduli terhadap perkembangan belajar anak-anak mereka. Komunikasi yang kurang karena ada beberapa orang tua siswa tidak memiliki handpone, dan seharusnya orang tua mendampingi siswa dalam perkembangan belajar, akan tetapi orang tua menyerahkan sepenuhnya kepada sekolah, karena orang tua menganggap anak anaknya sudah mampu dan mandiri sehingga orang tua tidak melibatkan diri dalam perkembangan anak mereka.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:12
Last Modified: 09 Jul 2024 02:12
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27090

Actions (login required)

View Item View Item