EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pesan Dakwah Persuasif K.H. Abdullah Gymnastiar pada Channel YouTube Aa Gym Official

Amalia, Rizka (2024) Pesan Dakwah Persuasif K.H. Abdullah Gymnastiar pada Channel YouTube Aa Gym Official. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (549kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (775kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (690kB)

ABSTRAK

Media YouTube menjadi sarana praktis dan ampuh untuk berbagi motivasi dan inspirasi bagi masyarakat luas. Pemanfaatan youtube sebagai saluran dalam berdakwah dan juga menyampaikan materi agama telah dilakukan oleh beberapa ustadz dan ulama, salah satunya ialah akun youtube Aa Gym Official. pada kanal YouTube Aa Gym memiliki jumlah subscriber yang luar biasa yaitu sebanyak 935rb subscriber. Selain memanfaatkan kemajuan teknologi internet sebagai media penyiaran yang cepat dan efektif, akun youtube Aagym juga menawarkan konten dakwah yang update, menarik, dan pastinya memotivasi semua kalangan. Penyampaian dakwah sendiri perlu disampaikan secara persuasif, agar masyarakat merasa sebagai mad’u yang didakwahi dan mereka dapat mematuhi serta menerima seruan dai sehingga mereka merasa sedang melakukan keinginannya sendiri bukan atas keterpaksaan atau kehendak orang lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui secara spesifik terkait teknik pesan dakwah persuasif yang disampaikan oleh K.H. Abdullah Gymnastiar pada channel YouTube Aa Gym Official. Untuk menganalisis permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Terkait dengan jenis penelitian, peneliti memilih library research atau disebut juga penelitian kepustakaan. Subjek pada penelitian ini adalah konten dakwah pada YouTube K.H. Abdullah Gymnastiar sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah yang berkaitan dengan rumusan masalah yaitu teknik dakwah persuasif K.H. Abdullah Gymnastiar Pada Channel YouTube “Aagym Official”. Selanjutnya, data akan dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa K.H. Abdullah Gymnastiar dapat membuat hubungan antara dakwah dan realitas sosial melalui (teknik asosiasi), agar memberikan kesadaran dengan kalimat yang menimbulkan kecemasan melalui (teknik fear arousing), dikemas dengan kalimat yang menarik dan indah melalui (teknik tataan), dikuatkan oleh pengalaman pribadi (teknik integrasi), dan didukung dengan sebuah reward (teknik ganjaran). Tetapi, bagaimanapun tidak dapat menghindari argumen yang lemah dan menunjukkan perdebatan (teknik red-herring).

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 11 Jul 2024 00:47
Last Modified: 11 Jul 2024 00:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27156

Actions (login required)

View Item View Item