EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN Se-Kabupaten Banjar

Makiah, Siti (2024) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN Se-Kabupaten Banjar. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN SITI MAKIAH.pdf

Download (173kB)
[img] Text
AWAL SITI MAKIAH.pdf

Download (779kB)
[img] Text
ABSTRAK SITI MAKIAH.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB I SITI MAKIAH.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II SITI MAKIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
BAB III SITI MAKIAH.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB IV SITI MAKIAH.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB V SITI MAKIAH.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SITI MAKIAH.pdf

Download (110kB)
[img] Text
LAMPIRAN SITI MAKIAH.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Karakter merupakan sikap, tabiat, akhlak, kepribadian yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai Kebajikan yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap dan bertindak. Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial merupakan karakter yang ditanamkan dalam diri siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam hal ini, guru pendidikan Agama Islam merancang setiap proses pembelajaran di kelas dengan mengintegrasikan pendidikan karakter di dalam materi ajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengeksplorasi proses internalisasi nilai-nilai Pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidkan Agama Islam di SMAN se-Kabupaten Banjar dan nilai-nilai karakter yang terinternalisasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN se-Kabupaten Banjar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, serta siswa kelas X, XI, dan XII di SMAN 1 Karang Intan, SMAN 2 Martapura, dan SMAN 3 Martapura. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini meliputi: proses internalisasi nilai-nilai Pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN se�Kabupaten Banjar dan nilai-nilai Pendidikan karakter yang terinternalisasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN se-Kabupaten Banjar. Hasil penelitian ini adalah Internalisasi nilai-nilai Pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Karang Intan, SMAN 2 Martapura dan SMAN 3 Martapura berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari tahapan proses internalisasi yang meliputi: tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap transinternalisasi nilai. Adapun Nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Karang Intan, SMAN 2 Martapura dan SMAN 3 Martapura meliputi religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gemar membaca, peduli sosial, dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana (Magister dan Dokter) > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:35
Last Modified: 12 Jul 2024 06:35
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27203

Actions (login required)

View Item View Item