EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendampingan Kompetensi Fiqih Wanita pada Siswi Kelas VIII Pondok Pesantren Insan Madani Banjarmasin

Hasanah, Nurul Izatil (2024) Pendampingan Kompetensi Fiqih Wanita pada Siswi Kelas VIII Pondok Pesantren Insan Madani Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (122kB)

ABSTRAK

Pendampingan kompetensi fiqih wanita ini merujuk kepada pembahasan tentang haid dan istihadhah yang ditujukan kepada siswi kelas VIII yang mana berfokus tidak hanya pendampingan kompetensi siswa akan materi yang dipelajari akan tetapi pengamalan dari pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pendampingan kompetensi fiqih wanita serta faktor pendukung dan peghambat pendampingan kompetensi fiqih wanita pada siswi kelas VIII Pondok Pesantren Insan Madani Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reserch) yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwasanya pendampingan kompetensi siswi mengenai fiqih wanita materi haid dan istihadhah, dapat dibuktikan dengan siswi yang mengerti dan paham mengenai perbedaan haid dan istihadhah dan juga waktu-waktunya. Adapun faktor yang mempengaruhi pendampingan kompetensi fiqih wanita ini yang pertama yaitu faktor pendukung dari ustadzah yang mengajarkan materi haid dan istihadhah beliau menjelaskan dengan serinci-rincinya mengenai bab tersebut, dan juga kitab yang digunakan sangat mudah dipahami oleh ustadzah yang mengajarkan, kemudian penerapan terhadap fiqih wanita ini yang selalu digunakan dikehidupan sehari�hari, hal tersebut akan memudahkan siswi mengamalkan ilmu yang sudah didapat. ini adalah faktor diri sendiri, guru dan cara guru dalam menjelaskan saat mengajar, lingkungan pertemanan dan orang tua. Kedua faktor penghambat dari pendampingan kompetensi fiqih wanita yaitu santri sedikit kesulitan saat ustadzah menjelaskan mengenai materi haid dan istihadhah, hal ini dikarenakan ustadzah saat memahamkan santri mengenai haid dan istihadhah terlalu cepat dalam mengartikan/mendabit kitab dan penghambat lainnya ialah ustadzah yang mengajarkan fiqih wanita ini menjelaskan dengan kebanyakan berbahasa Arab.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 26 Jul 2024 01:29
Last Modified: 26 Jul 2024 01:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27471

Actions (login required)

View Item View Item