EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kabupaten Tanah Laut

Hasani, Muhammad Rizqan (2024) Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (326kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (484kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh generasi muda yang memerlukan adanya bimbingan didasari pada cepatnya perkembangan zaman, adapun bimbingan yang dimaksud adalah bimbingan keagamaan Islam dengan pemberian bantuan terhadap kelompok maupun individu dalam kehidupannya dalam beragama senantiasa sesuai dengan apa yang telah diperintahkan oleh Allah Swt. Sehingga mereka mendapatkan kebahagiaan di dunia maupun akhirat. Salah satu lembaga yang memberikan bimbingan keagamaan di Indonesia adalah madrasah. Karena dengan pendidikan di madrasah merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional dapat menyiapkan generasi bangsa yang tak hanya sekedar cerdas terampil, tetapi juga beriman dan memiliki pengetahuan yang kental dan berakhlak yang mulia. Masalah yang diteliti pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan bimbingan ibadah dan bimbingan akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research), dengan terjun langsung ke lapangan untuk melakukan observasi dalam pencarian data yang diperlukan sesuai dengan rumusan masalah yang diteliti. Selain itu juga dilakukan wawancara secara langsung kepada wakil kepala madrasah bidang keasramaan, pembina asrama, dan peserta didik, lalu dilakukan pengumpulan data, pengolahan data, serta pengelompokan data sampai hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kabupaten Tanah Laut terdiri dari pelaksanaan bimbingan ibadah dan pelaksanaan bimbingan akhlak, yang meliputi Bimbingan Shalat 5 Waktu Berjamaah, Bimbingan Amalan dan Ibadah Sunnah, Bimbingan Kegiatan Ramadhan, Penanaman Akhlakul Karimah, dan Penerapan Budaya Karakter 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 26 Jul 2024 01:36
Last Modified: 26 Jul 2024 01:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27472

Actions (login required)

View Item View Item