EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Model Predict Observe Explain (POE) Terhadap Remediasi Miskonsepsi Reaksi Redoks Siswa SMA Negeri 1 Gambut

Hamsiah, Hamsiah (2024) Pengaruh Model Predict Observe Explain (POE) Terhadap Remediasi Miskonsepsi Reaksi Redoks Siswa SMA Negeri 1 Gambut. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (763kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa dengan menggunakan insstrumen four tier test. Mengidentifiksi miskonsepsi reaksi redoks menggunakan four tier test salah satunya yaitu, jika tier-1 salah , tier-2 yakin, tier-3 salah dan tier-4 yakin. Upaya untuk mengatasi miskonsepsi dengan cara remediasi menggunakan model Predict Observe Explain (POE). Model POE diharapkan dapat mengatasi miskonsepsi siswa, karena model ini melibatkan siswa secara aktif selama pembelajaran melalui kegiatan prediksi, observasi, dan penjelasan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) miskonsepsi yang dialami siswa (2) penuruan miskonsepsi siswa setelah dilakukan remediasi dengan Predict Observe Explain (POE) pada indikator materi redoks, dan (3) pengaruh model Predict Observe Explain (POE) terhadap miskonsepsi siswa pada indikator materi reaksi redoks. Pada penelitian meliputi dua pedekatan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif untuk mengidentifikasi miskonsepsi, dan penelitian kuantitatif untuk menganalisis hasil data penelitian. Penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian pre-experimental design dengan One group pretest-posttest. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA 1 dengan teknik pemilihan sampel purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah hipotesis uji McNemar. Hasil penelitian diperoleh bahwa miskonsepsi siswa saat pretest lebih tinggi pada indikator soal menentukan reaksi redoks berdasarkan pengikatan dan pelepasan oksigen dan indikator menentukan harga bilangan oksidasi atau reduksi dengan rata-ratanya yaitu (53,45%) dan (53,45%), pada miskonsepsi setelah remediasi saat posttest rata-ratanya yaitu (22,42%) dan (29,32%). Setelah dihitung semua rata-rata indikator miskonsepsi secara keseluruhan terjadi penurunan jumlah miskonsepsi siswa setelah dilakukannya remediasi dengan model POE sebesar 41,7%, yang berarti remediasi dengan model Predict Observe Explain (POE) dapat menurunkan miskonsepsi pada materi reaksi redoks siswa di SMA Negeri 1 Gambut. Selanjutnya dilakukan uji analisis dengan uji nonparametrik McNemar diperoleh hasil Nilai sig (2-tailed) = 0,021< 0,05, maka H0 ditolak atau H1 diterima berarti terdapat pengaruh model Predict Observe Explain (POE) terhadap remediasi miskonsepsi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:19
Last Modified: 26 Jul 2024 07:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27492

Actions (login required)

View Item View Item