EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Metode Role Playing pada Pembelajaran PAI Kelas V UPTD SDN 2 Ranggang Pelaihari

Prassetiyo, Bayu (2024) Implementasi Metode Role Playing pada Pembelajaran PAI Kelas V UPTD SDN 2 Ranggang Pelaihari. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Metode role playing adalah metode pembelajaran yang bertujuan untuk membantu peserta didik menemukan makna diri (jati diri) di dunia sosial dan memecahkan dilema dengan bantuan kelompok. Artinya, melalui role playing peserta didik belajar menggunakan konsep peran, menyadari adanya peran-peran yang berbeda dan memikirkan perilaku dirinya dan perilaku orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk implementasi metode role playing pada pembelajaran PAI, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi metode role playing pada pembelajaran PAI kelas V UPTD SDN 2 Ranggang Pelaihari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru PAI, peserta didik kelas V, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi role playing pada mata pelajaran PAI di UPTD SDN 2 Ranggang dalam pembelajaran PAI kelas V melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan meliputi penyusunan RPP dan seluruh komponen yang terdapat dalam RPP. Tahap pelaksanaan yang dilakukan guru meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Tahap evaluasi dilakukan melalui kegiatan tes tertulis dan tidak tertulis. Implementasi metode role playing dapat menjadikan peserta didik mempunyai pribadi yang imajinatif, mempunyai minat luas, mandiri dalam berfikir peserta didik percaya diri serta peserta didik mampu meningkatkan kerjasamanya dan melakukan diskusi dengan baik. Faktor yang menjadi pendukung dalam implementasi metode role playing pada pembelajaran PAI kelas V UPTD SDN 2 Ranggang Pelaihari adanya faktor pendukung seperti faktor pendidik, faktor sarana dan prasarana, faktor lingkungan kondusif. Adapun faktor penghambat yaitu adanya faktor peserta didik yang kurang fokus dan faktor waktu.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:00
Last Modified: 26 Jul 2024 08:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27504

Actions (login required)

View Item View Item