EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia (MSI) dalam Pandangan Mahasantri Pondok Tahfiz Al-Amanah Banjarmasin

Hafizhuddin, Muhammad (2024) Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia (MSI) dalam Pandangan Mahasantri Pondok Tahfiz Al-Amanah Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (548kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (361kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (511kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Masyarakat Islam di Indonesia merupakan mayoritas dan salah satu yang terbesar di dunia. Sehingga perlu adanya edukasi dan pengarahan yang betul terhadap perkara keagamaan agar mencegah terjadinya kesalahpahaman dan timbulnya polemik. Tak terkecuali dalam aspek standarisasi mushaf Al-Qur‟an, karena itulah Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur‟an (LPMQ) dibentuk dengan Mushaf Standar Indonesia (MSI) sebagai standarnya. Salah satu kasus yang menghebohkan adalah viralnya Mushaf Maghribi yang disalahpahami sebagai mushaf sesat. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti di lapangan, sejauh mana MSI tersosialisasi. Dan objek penelitiannya adalah kalangan mahasantri Pondok Tahfiz Al-Amanah Banjarmasin. Mereka dipilih untuk diteliti karena merupakan kalangan teredukasi dan lebih dekat kesehariannya dengan penggunaan AlQur‟an. Adapun jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan penguraian data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasantri Al-Amanah dapat mengenali MSI dengan baik sebagai mushaf pegangan yang dipakai sehari-hari dari segi wujud fisik, fitur, tanda baca, dan sebagainya, tetapi tidak terlalu mengetahui profil dan identitas MSI sebagai standar yang diatur Kemenag RI. Sehingga penulis memberikan masukkan kepada LPMQ untuk mewajibkan pencantuman profil MSI pada setiap mushaf. Narasumber penelitian memberikan pandangan bahwa MSI yang ada sudah cukup baik dan mudah diakses oleh masyarakat, namun mereka memberikan kritik terhadap penerapan tajwid warna pada MSI yang dinilai dapat mengurangi semangat belajar ilmu tajwid. Dari segi pemakaian, seluruh narasumber adalah pengguna MSI dalam kesehariannya membaca dan menghafal Al-Qur‟an. Hal ini disebabkan sekarang sudah banyak cetakan MSI Bahriyah yang khusus untuk penghafal dan dilengkapi berbagai fitur pendukung kemajuan hafalan Al-Qur‟an.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 02 Aug 2024 00:05
Last Modified: 02 Aug 2024 00:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27616

Actions (login required)

View Item View Item