EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Layanan di Perpustakan SMPN 23 Banjarmasin

Munati, Munati (2024) Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Layanan di Perpustakan SMPN 23 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN(terbaru).pdf

Download (31kB)
[img] Text
AWAL(terbaru).pdf

Download (418kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (508kB)

ABSTRAK

Pustakawan memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah unit perpustakaan dalam mengelola dan memberikan pelayanan kepada pemustaka. Dalam lingkungan sekolah pelayanan perpustakaan yang diberikan oleh pustakawan bukan hanya bahan pustaka yang dibutuhkan, tetapi juga memberikan pelayanan pendidikan bagi pemustaka. Penelitian ini membahas tentang peran dari seorang pustakawan sekolah dalam meningkatkan layanan diperpustakaan yang mana semestinya dijalankan dan dikelola oleh seseorang yang berlatar belakang pendidikan perpustakaan ataupun hanya mengikuti pelatihan sebelum jadi pustakawan, sehingga tercapainya tujuan antara pustakawan dengan pemustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pustakawan dalam meningkatkan layanan di perpustakaan SMPN 23 Banjarmasin serta kendala yang dihadapi pustakawan dalam pelayanan di perpustakaan SMPN 23 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau penelitian lapangan (field research). Subjek dalam penelitian ini adalah pustakawan dan pemustaka. Sedangkan objek penelitian ini adalah Peran Pustakawan Terhadap Pelayanan Perpustakaan di SMPN 23 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah Peranan Pustakawan Dalam Meningkatkan Layanan di Perpustakaan SMPN 23 Banjarmasin yaitu selain bertugas menjaga dan merawat buku, pustakawan juga berperan ganda seperti: Edukator yang mengajarkan dan mengarahkan bagaimana mencari tata letak buku, sebagai manajer bisa menentukan jenis informasi yang dibutuhkan bagai pemustaka, se l administrator memonitor layanan perpustakaan menggunakan aplikasi SLiMS. Sebagai supervisor pustakawan juga meningkatkan kompetensi diri melalui pendidikan maupun mengikuti pelatihan atau seminar dalam bidang perpustakaan. Adapun kendala yang dihadapi pustakawan dalam meningkatkan layanan di perpustakaan SMPN 23 Banjarmasin adalah kendala prasarana dan pelayanan yang masih kurang mendukung untuk menarik minat pemustaka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 24 Oct 2024 01:55
Last Modified: 24 Oct 2024 01:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27949

Actions (login required)

View Item View Item