EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembiayaan Modal Kerja dengan Akad Mudarabah pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin

Rimawati, Rimawati (2018) Pembiayaan Modal Kerja dengan Akad Mudarabah pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (826kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (360kB)

ABSTRAK

Rimawati. 2018. Pembiayaan Modal Kerja dengan Akad Mudarabah pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Rusdiyah, MHI. (II) Sa’adah, S.Ag, MH. Kata Kunci: Pembiayaan Modal Kerja, Akad Mudarabah. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan semakin berkembangnya dunia usaha di Indonesia khususnya di Banjarmasin, namun para pengusaha kesulitan dalam mengembangkan usaha karena kurangnya cukup modal. BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin memiliki peran dalam pemberian pembiayaan modal kerja dengan akad mudarabah yang menerapkan prinsip kehati-hatian, BNI Syariah tidak bisa memberikan pembiayaan ke sembarang pengusaha. Dimana BNI Syariah hanya memberikan pembiayaan ini kepada lembaga koperasi yang mempunyai legalitas usaha terpercaya dan tidak memberikan pembiayaan modal kerja dengan akad mudarabah kepada pengusaha individu. Hal ini mengakibatkan pengusaha individu tidak bisa mengajukan pembiayaan modal kerja dengan akad mudarabah ke BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin, karena penerapan yang dilakukan oleh pihak bank tersebut hanya kepada lembaga koperasi yang berlegalitas usaha terpercaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan pembiayaan modal kerja dengan akad mudarabah pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin. Jenis penelitian ini yaitu field research dengan meneliti langsung ke objek penelitian, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Dimana informan yang diwawancara disini adalah pegawai/karyawan (SME Account officer/SME Financing) pada BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin. Menurut hasil penelitian, penerapan pembiayaan modal kerja dengan akad mudarabah pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin mengutamakan prinsip kehati-hatian dengan menyalurkan pembiayaan ini hanya kepada lembaga koperasi yang mempunyai legalitas usaha terpercaya di Banjarmasin yaitu Koperasi pegawai RSUD Ulin Banjarmasin, Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah UIN Antasari Banjarmasin, dan Koperasi Pegawai Swadharma karena melihat semakin maraknya kecurangan nasabah pembiayaan modal kerja dengan akad mudarabah yang dialami BNI Syariah kantor cabang diluar Banjarmasin, yang dilakukan dengan empat tahapan yaitu: pertama, tahapan persiapan pembiayaan. Kedua, tahapan pengumpulan data dan analisis pembiayaan. Ketiga, tahapan persetujuan dan pencairan (realisasi) pembiayaan. Keempat, tahapan monitoring. Berdasarkan analisis data, penulis menyimpulkan bahwa empat tahapan yang diterapkan pihak BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin memberikan hasil sesuai dengan prinsip kehatihatian yang termuat dalam perundang-undangan dan peraturan Bank Indonesia serta teori ilmuan perbankan syariah tentang Penyaluran Pembiayaan yang dilakukan oleh Bank Syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 62 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 02:45
Last Modified: 19 Jul 2018 02:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10102

Actions (login required)

View Item View Item