EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemahaman Nasabah Mengenai Kesyariahan Produk Arrum BPKB pada PT Pegadaian Syariah Cabang Kebun Bunga

Vatmala, Daratih Dwi (2018) Pemahaman Nasabah Mengenai Kesyariahan Produk Arrum BPKB pada PT Pegadaian Syariah Cabang Kebun Bunga. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (235kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih terbatasnya pemahaman nasabah mengenai sistem syariah yang digunakan pada PT Pegadaian Syariah Cabang Kebun Bunga, menyebabkan banyak nasabah yang memiliki persepsi kurang tepat mengenai operasi pada produk Arrum BPKB. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman nasabah mengenai kesyariahan produk Arrum BPKB dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam mengenai produk Arrum BPKB. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseacrh) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlokasi di PT. Pegadaian Syariah Cabang Kebun Bunga yang terletak di JL A.Yani Km. 4,5 Nomor. 69 Banjarmasin Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Sumber data berasal dari nasabah khusus pengguna Arrum BPKB yang berjumlah 10 orang responden. Penelitian ini menghasilkan temuan yaitu: pertama, pemahaman 4 orang responden mengenai pengertian syariah dan pemahaman 1 orang responden mengenai pengertian riba dikategorikan sebagai pemahaman intruksional karena pada tingkatan ini nasabah baru dapat berada pada tahapan tahu mengenai pengertiannya saja. Secara garis besar 10 responden tidak mengetahui secara mendalam hal-hal lain yang berkaitan dengan Arrum BPKB, misalnya tentang akad yang digunakan dalam pembiayaan Arrum BPKB, pengetian riba dan bunga, pengertian ujrah (upah sewa) pada Arrum BPKB, serta perhitungan ujrah( upah sewa), sehingga dikatakan pemahaman nasabah masih tergolong rendah. Kedua, tinjauan ekonomi Islam terhadap kesyari’ahan produk Arrum BPKB dalam menilai produk yang sesuai syariah menurut teori ekonomi Islam yaitu segala bentuk transaksinya menghindari jual-beli yang diharamkan atau tidak mengandung unsur maisir (spekulasi), gharar (ketidakjelasan) dan riba (tambahan), serta jual beli yang tidak memenuhi syarat dan rukun seperti jual beli barang yang zatnya haram, najis, atau tidak boleh diperjualbelikan, serta jual beli yang tidak menimbulkan kemudaratan dan harus menggunakan akad yang sudah ditentukan dalam fatwa DSN.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 27 Jul 2018 07:31
Last Modified: 27 Jul 2018 07:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10137

Actions (login required)

View Item View Item