EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penggunaan Ayat Alquran Untuk Memperbaiki Perilaku Anak Menurut Ulama Di Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin

Ikhwan, Mahfuzil (2018) Penggunaan Ayat Alquran Untuk Memperbaiki Perilaku Anak Menurut Ulama Di Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (579kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (737kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (809kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kenakalan remaja yang terjadi di pinggiran jalan kecamatan Banjarmasin Barat seperti ngelem, tawuran, kebebasan seks, kriminalitas dan penggunaan narkoba yang tidak diperhatikan oleh orangtuanya. Sebagian ulama ada yang memberikan amalan untuk orangtua agar si anak menjadi anak yang soleh dan solehah, salah satunya dalam Q.S. al-Fātihah/1: 1-7, Ayat ini dibaca setelah shalat fardu lalu ditiupkan ke air seraya berkata didalam hati setelah selesai lalu dikasih keanak untuk diminumkan kepada anak dengan membaca bismillah dan menggunakan tangan kanan meminumnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Ayat Alquran Untuk Memperbaiki Perilaku Anak Menurut Ulama Di Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin terhadapnya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yaitu dengan menggunakan sumber-sumber data dari lapangan dan dari literature yang terkait. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif, yaitu menjelaskan data-data yang ditemukan dalam observasi dan wawancara dengan ulama-ulama yang diteliti dengan langkah mengumpulkan ayat-ayat Alquran untuk memperbaiki melakuan anak secara urutan surah dalam Alquran, memaparkan biografi ulama yang diwawancarai, ayat-ayat yang mereka berikan dengan implementasinya dalam kehidupan serta makna ayat-ayat tersebut pada bagian akhir, menganalisanya dengan teori tafsir Isyāriy. Setelah itu penulis menarik kesimpulan sebagai jawaban dari perumusan masalah yang di kemukakan. Setelah dilakukan langkah-langkah tersebut, maka diperoleh 23 ayat yang terdapat dalam 16 surah dalam Alquran. Adapun pemahaman ulama terhadapnya, penulis bagi menjadi dua bagian. Pertama, implementasinya dalam kehidupan, peran orangtualah yang sangat penting dalam mendidik anak-anaknya, dibaca setelah shalat fardhu dan ditiupkan ke air, menyusui anak maksimal dua tahun, dan diruqyah dengan cara dibacakan ayat-ayat tertentu ke anak. Kedua, makna ayat dapat dirinci menjadi empat bagian yaitu, a) Merupakan ilham Allah yang berupa ilmu laduni, b) Pemahaman mereka terhadap kandungan makna dari kata atau makna keseluruhan ayat-ayat Alquran, c) Pemahaman mereka terhadap makna yang tersirat dalam ayat-ayat tersebut. Yang kemudian mereka ber-tafā`ul (berpengharapan baik) dengan ayat-ayat tersebut. Dengan demikian pemahaman ulama di Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin terhadap Ayat Alquran Untuk Memperbaiki Perilaku Anak tidak sepenuhnya didasari penggunaan teori tafsir isyāriy, namun ada satu ulama yang menggunakan teori tafsir isyāriy yaitu Gr. H. Ahmad Zuhdi beliau menafsirkan surah al-Baqarah ayat 1 dengan merujuk pada kitab Ibnu Katsir.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 30 Jul 2018 06:38
Last Modified: 30 Jul 2018 06:38
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10170

Actions (login required)

View Item View Item