EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Metode Cerita pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VI di MI TPI Keramat Banjarmasin

Wahdianti, Lisa (2018) Penerapan Metode Cerita pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VI di MI TPI Keramat Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (509kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (633kB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode cerita dan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode cerita pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VI di MI TPI Keramat Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam dan seluruh siswa kelas VI C yang berjumlah 22 orang di MI TPI Keramat Banjarmasin. Objek penelitian ini adalah penerapan metode cerita pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VI di MI TPI Keramat Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, klasifikasi dan interpretasi data, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode cerita pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VI di MI TPI Keramat Banjarmasin dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan yang terlaksana dengan baik karena guru telah mengacu pada silabus terlebih dahulu, kemudian guru juga membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum melaksanakan pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru sudah menggunakan metode cerita yang sesuai dengan prosedur atau langkah-langkah yang telah ada pada metode tersebut. Adapun pada tahap evaluasi pembelajaran guru juga melaksanakan penilaian terhadap siswa baik itu secara lisan maupun tertulis. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode cerita pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VI C di MI TPI Keramat Banjarmasin yaitu latar belakang pendidikan guru yang mana guru tersebut merupakan lulusan sarjana agama dan pengalaman mengajar guru selama 4 tahun yang cukup lama dalam mengajar terutama pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam, faktor siswa terlihat dari minat dan antusias siswa yang tinggi ketika mengikuti pelajaran serta faktor media pembelajaran yang digunakan guru dapat memusatkan perhatian siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:48
Last Modified: 07 Aug 2018 06:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10271

Actions (login required)

View Item View Item