EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Dampak Kebijakan Bupati Kotim Untuk Menertibkan Pedagang Di Taman Kota Sampit Terhadap PerekonomianMasyarakat

Hendriannur, Ahmad (2018) Analisis Dampak Kebijakan Bupati Kotim Untuk Menertibkan Pedagang Di Taman Kota Sampit Terhadap PerekonomianMasyarakat. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (54kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (948kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dari kebijakan Bupati Kotim untuk menertiban pedagang di taman kota Sampit. Kebijakan ini dilakukan karena pemerintah ingin mengembalikan fungsi taman kota Sampit menjadi ruang terbuka hijau, sehingga dapat dijadikan objek wisata dan rekreasi keluarga saat libur tiba. Walaupun, kebijakan itu untuk mensejahterakan warga di Sampit, akan tetapi kebijakan itu menimbulkan dampak yang sangat besar bagi perekonomian Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di taman kota Sampit tersebut. Setelah direlokasi dari taman kota Sampit ke Pasar Eks Mentaya Theater, jumlah pendapatan pedagang berkurang drastis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja dampak yang ditimbulkan oleh penerapan kebijakan Bupati Kotim terhadap perekonomian pedagang di taman kota Sampit serta mengetahui apa saja kiat-kiat yang dilakukan oleh para pedagang di taman kota Sampit dalam memperbaiki perekonomian mereka apabila penjualan terus menurun. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah para pedagang di pasar eks mentaya theater Sampit yang berjumlah 13 orang yang dapat memberikan informasi mengenai omzet penjualan dan kiat untuk memperbaiki omzet penjualan mereka. Objek dalam penelitian ini adalah mengenai dampak kebijakan Bupati Kotim untuk menertibkan pedagang di taman kota Sampit, sedangkan analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif dengan mengacu pada landasan teori yang ada. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu, dampak penerapan kebijakan Bupati Kotim untuk menertibkan pedagang di taman kota Sampit terhadap perekonomian masyarakat terbagi menjadi tiga, yaitu : Pertama, yaitu berdampak negatif terhadap perekonomian pedagang. Kedua, yaitu tidak berdampak terhadap perekonomian pedagang. Ketiga, yaitu berdampak positif terhadap perekonomian pedagang. Adapun kiat-kiat yang dilakukan oleh para pedagang dalam memperbaiki perekonomian mereka apabila penjualan terus menurun yaitu: menurunkan harga, mempunyai pekerjaan tambahan, berjualan di tempat lain, dan lain sebagainya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 13 Aug 2018 03:57
Last Modified: 13 Aug 2018 06:56
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10358

Actions (login required)

View Item View Item