EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Mahasiswa dalam Mengambil Keputusan Berinvestasi Saham di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Annisa, Annisa (2018) Faktor-Faktor yang Memengaruhi Mahasiswa dalam Mengambil Keputusan Berinvestasi Saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (286kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (806kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Annisa. 2018, Faktor-Faktor yang Memengaruhi Mahasiswa dalam Mengambil Keputusan Berinvestasi Saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pembimbing: (I) Sa’adah, S.Ag., MH. (II) Annisa Sayyid, SHI, MSI. Kata Kunci: Faktor-Faktor yang Memengaruhi Mahasiswa, Keputusan Berinvestasi Saham Penelitian ini dilatarbelakangi dengan semakin banyaknya investor muda terutama mahasiswa, di Kalsel jumlah investor yang berstatus mahasiswa berada di urutan nomor dua terbanyak setelah karyawan swasta. Mahasiswa di Universitas Lambung Mangkurat dan UIN Antasari Banjarmasin menjadi investor mahasiswa paling aktif, baik dari segi transaksi maupun kegiatan terkait edukasi pasar modal. Akan tetapi, permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana agar para investor muda dapat terus meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang meliputi tujuan (X1), modal minimal investasi (X2), motivasi (X3), return (X3) dan edukasi (X5) berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap keputusan mahasiswa dalam berinvestasi saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dan bersifat kuantitatif. Penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data dengan alat bantu kuesioner yang diberikan kepada responden yakni mahasiswa Fakutas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Antasari Banjarmasin dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 96 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian secara simultan (uji F), seluruh variabel bebas variabel bebas yang meliputi tujuan (X1), modal minimal investasi (X2), motivasi (X3), return (X4) dan edukasi (X5) berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam berinvestasi saham, hal ini dilihat dari nilai Fhitung adalah sebesar 3,028, nilai tersebut lebih besar dari nilai Ftabel yang sebesar 2,32 dan Sig diketahui bernilai 0,014 dan nilai tersebut lebih kecil dari tingkat signifikansi yang telah ditentukan yaitu 0,05 dan R square sebesar 0,379, menunjukkan besarnya peran atau kontribusi variabel bebas memengaruhi secara simultan terhadap keputusan mahasiswa dalam berinvestasi saham (Y) sebesar 37,9%. Sedangkan hasil analisis secara parsial (uji T), variabel (X1, X3 dan X4) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam berinvestasi saham. Sedangkan variabel lainnya yaitu (X2 dan X5) memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam berinvestasi saham (Y), hal ini dilihat dari nilai t hitung variabel modal investasi awal (2.676) > nilai t tabel (1,66196), Sig. (0,009) < alpha (0,05) dan nilai t hitung variabel edukasi (2,211) > nilai t tabel (1,66196), Sig. (0,030) < alpha (0,05).

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Users 62 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2018 01:09
Last Modified: 14 Aug 2018 01:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10381

Actions (login required)

View Item View Item