EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Adat Bagi Hasil Maalan Petak Uluh Pada Masyarakat Marabahan (Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah)

Masdian, Masdian (2018) Adat Bagi Hasil Maalan Petak Uluh Pada Masyarakat Marabahan (Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (285kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

MASDIAN, S.E.I: Adat Bagi Hasil Maalan Petak Uluh Pada Masyarakat Marabahan (Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah). Tesis, Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah, di bawah bimbingan I: Prof. Dr. Ahmadi Hasan, MH dan bimbingan II: Dr. Hj. Gusti Muzainah, S.H, MH, pada Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin, (2018). Kata Kunci: Adat, Bagi Basil, masyarakat Marabahan, Hukum Ekonomi Syariah. Penelitian ini berangkat dari aktifitas yang sering dipermasalahkan masyarakat luas bahkan tidak jarang menjadi perdebatan baik antara pemilik maupun dengen pengelola tentang kepastian bagi hasil yang diperoleh. Pada dasarnya dalam hukum Islam untuk bagi hasil harus ditetapkan dengan jelas tentu hal ini berbeda dengan pembagian yang dilakukan Masyarakat Marabahan dengan tiga pengkategorian perjanjian bagi hasil oleh karena itu menarik untuk dikaji bagaimana Adat Bagi Hasil Maalan Petak Uluh Pada Masyarakat Marabahan (Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana adat Masyarakat Marabahan terhadap bagi hasil Maalan Petak Uluh serta implementasinya pada hukum ekonomi syariah. Dengan demikian, setidaknya yang selama ini menjadi titik masalah dapat terungkap dan dapat menjadi informasi ilmiah yang mencerahkan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) atau hukum normatif dalam dua pendekatan yaitu pendekatan konseptual (conceptual approach) dan pendekatan perundang- undangan (statel appoach), untuk memperoleh data yang diperlukan, peneliti terlebih dahulu melakukan studi dokumentasi dan wawancara kepada pemilik lahan dan pengelola lahan tersebut, kemudian mengolah data tersebut seobjektif mungkin. Melalui teknik analisis kualitatif dengan menggunakan dua pendekatan dari penelitian ini maka menghasilkan temuan-temuan: bahwa setiap akad yang di perjanjikan merupakan sudah ketentuan yang telah disepakati kedua belah pihak, dengan adanya unsur kerelaan dan berlandas tolong menolong maka kesepakatan antara kedua belah pihak terjalin . Oleh karena itu untuk mengurangi resiko kerugian penggarap biasanya menggunakan tiga teknik dengan cara: bahandipan, kekeluargaan, dan sistem kelompok. Faktor penunjang sehingga pelaksanaan tetap berjalan pada masyarakat memberikan keadilan kedua belah pihak maka Masyarakat Marabahan menggunakan hal ini sebagai pedoman mereka dalam adat pembagian Maalan Petak Uluh. Adapun norma akad jika hasil panen sawah bagus nantinya penggarap akan melakukan pembagian bagi tiga disebut mengarun. yaitu dua untuk penggarap satu untuk pemilik lahan; kedua, tetapi jika panen kurang bagus maka penggarap memberikan setiap borongannya 1 balek atau 1 ½ balek disebut sewa tergantung hasil panen nantinya; ketiga, jika hasil panen gagal saat diperhitungkan maka pembagian bagi hasil penggarap dilakukan sepambari. Mengenai akad yang dijanjikan hukumnya boleh karena objek yang menjadi bagi hasil masih belum nampak adanya kejelasan hasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Mr. Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:32
Last Modified: 14 Aug 2018 02:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10384

Actions (login required)

View Item View Item