EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Istri TNI AD Menjelang Suami Bertugas Di Luar Daerah

Anita, Anita (2018) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Istri TNI AD Menjelang Suami Bertugas Di Luar Daerah. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (413kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (360kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Anita,1401451300:Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Istri TNI AD menjelang Suami bertugas di Luar Daerah. Skripsi. Jurusan Psikologi Islam. Fakultas Ushuluddin dan Humaniora. Pembimbing: Prof. Dr. H. Asmaran As, M.A (1) dan Mubarak, M.A (2). Kata Kunci: Dukungan Sosial, Kecemasan, dan Istri TNI AD. Kecemasan merupakan suatu perasaan dengan pengaruh rasa kekhawatiran yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku terhadap lingkungan yang menjadikan perasaan tersebut menjadi ancaman bagi diri sendiri. Kecemasan dapat dialami oleh siapapun tanpa mengenal faktor usia. Kecemasan juga dapat dirasakan para istri TNI AD ketika harus ditinggal suami bertugas dalam jangka waktu cukup lama dan bahkan nyawa menjadi taruhannya.Seperti yang terjadi konflik beberapa tahun yang lalu sehingga begitu banyak kejadian yang menimpa para anggota TNI AD yaitu pembunuhan dan penembakan yang tidak dikenal. Dengan kejadian tersebut akan membuat para istri anggota TNI AD merasakan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan kecemasan istri anggota TNI AD menjelang suami bertugas di luar daerah. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu dukungan sosial (X) dan kecemasan (Y). Alat pengumpulan data berupa skala model likert. Skala dukungan sosial yang terdiri 33 item dan skala kecemasan terdiri 22 item, ini sudah di uji kevalidannya dan kereliabilitasnya, dengan nilai reliabel 0,966 untuk skala dukungan sosial dan 0,937 untuk skala kecemasan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling, dengan jumlah subjek sebanyak 30 orang. Analisis data menggunakan uji korelasi dengan bantuan program SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara dukungan sosial dengan kecemasan istri TNI AD menjelang suami bertugas di luar daerah. Dapat ditentukan dukungan sosial, subjek yang berada dikategori tinggi sebanyak 9 orang (30%), dalam kategori sedang sejumlah 17 orang (56,7%), dan yang berada kategori rendah sebanyak 4 orang (13,3%). Hal ini menunjukkan bahwa dukungan sosial pada istri TNI Armed/18/komposit tergolong sedang. Sedangkan kecemasan yang berada kategori tinggi sebanyak 5 orang (16,7%), dikategori sedang sebanyak 20 orang (66,6%), dan yang berada dikategori rendah sebanyak 5 orang (16,7%). Hal ini menunjukkan bahwa kecemasan pada istri TNI Armed/18/komposit tergolong sedang. Adapun hubungan dukungan sosial dengan kecemasansebesar 26,52% ini artinya ada indikator lain yang mempengaruhi sebesar 73,48%. Selain itu temuan dari penelitian lain juga menyatakan bahwa ada pengaruh religiusitas yang menyebabkan tingginya tingkat kecemasan.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: anita anita
Date Deposited: 16 Aug 2018 07:49
Last Modified: 16 Aug 2018 07:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10462

Actions (login required)

View Item View Item